Peran Umat Islam Dalam Kemerdekaan Indonesia

  • 24 August 2022
  • Admin

Peran umat islam dalam kemerdekaan Indonesia. Perjusngsn kemerdekaan Indonesia memiliki sejarah dan cerita yang begitu panjang.  Seluruh kalangan yang ada di negeri kita Indonesia ini  dahulu berjuang demi menggapai kemerdekaan Indonesia , salah satunya dari kalangan umat islam.

Seluruh umat islam yang ada di nusantara  ikut terjun ke medan peperangan untuk berjuang demi melawan penjajah yang telah merampas kedaulatan rakyat Indonesia. Lalu seperti apa perjuangan Umat islam dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia?]

Kerajaan –Kerajaan islam melakukan Perlawanan

Sejak zaman kerajaan –kerajaan islam memiliki  Peran dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Ketika masuknya bangsa barat ke Negara Indonesia  yang mulainya  dari abad ke 16 dan langsung mendapatkan perlawanan dari seluruh kerajaan –kerajaan islam di nusantara.

Pada waktu itu kerajaan malaka melawan Portugis, kerajaan banten melawan belanda, dan kerajaan ternate melawan portugis .

Dengan semangat yang membara pihak kerajaan islam ketika bertempur melawan penjajah yang mengakibatkan bangsa barat mengalami kesulitan untuk menguasai wilayah nusantara.

Di dalam pertempuran tersebut banyak juga kerajaan islam di indonesia yang sempat kalah dan jatuh ke tangan belanda. walaupun demikian semangat perjuangan yang umat islam miliki di masa itu masih tetap membara.

Sebagai bukti umat islam memiliki peran  dalam kemerdekaan Indonesia dan juga ikut berperang habis-habisan melawan penjajahan bangsa barat yaitu Perlawanan Sultan Ageng Tirtayasa dari kesultanan banten, perlawanan Sultan agung dari kerajaan mataram islam, perlawanan pangeran diponegoro serta perlawanan pangeran antasari di banjar yang mendapat dukungan dari para ulama dan juga para santri

Perang diponegoro berlangsung  dari tahun 1825 sampai dengan 1830,  seluruh pemimpin umat islam dalam melawan bangsa eropa sampai dapat menewaskan sekitar 8000 pasukan penjajah.

PERLAWANAN ULAMA TERHADAP PENJAJAH

Para ulama juga berperan penting dalam memperjuangkan  kemerdekaan Indonesia, mereka memberikan  perlawanan terhadap bangsa penjajah juga dilakukan sendiri oleh para ulama.

Para ulama membuat gerakan-gerakan sosial di kawasan nusantara yang bertujuan untuk memberikan perlawanan bersama rakyat Indonesia. Salah satu perang  para ulama adalah  perang padri di Sumatera utara yang dipimpin oleh Imam Bonjol

Dengan adanya perang padri  terjadi juga gerakan –gerakan islam lainnya seperti gerakan 3 haji di Lombok, Gerakan R Gunawan di Jambi, Gerakan H. Aling Kuning di Kalimantan Timur, Gerakah KH. Wasit dari Cilegon, dan masih banyak lagi.

Selain munculnya gerakan-gerakan islam, muncul juga berbagai laskar perjuangan  yang berbasis islam contohnya Laskar Hizbullah-sabilillah, yang diteruskan dengan askar perang sabil dan ada laskar islam yang lainnya.

Selain melawan dengan perlawanan fisik, perjuangan kemerdekaan Indonesia berperang dengan mengandalkan kekuatan ilmu. Yang dibuktikan  dengan munculnya sarekat Islam di tahun 1911 yang mempunyai gagasan Revolusioner supaya rakyat Indonesia bisa terlepas dari jeratan penjajah belanda.

Setelah munculnya sarekat islam makan mulailah muncul organisasi –organisasi islam lainnya seperti Muhammadiyah berdiri di  Yogyakarta pada tahun 1912, lalu muncul  persatuan Islam pada tahun 1923 di bandung, di kota Surabaya muncul Nahdlatul Ulama  pada tahun 1926, dan juga di sumatera lahir persatuan tarbiyah Islamiyah (perti) dan Persaudaraan Muslimin Indonesia (Permi).

Demikian ulasan Peran Umat islam dalam Kemerdekaan Indonesia semoga dengan ini kalian mengetahui kalau peran umat muslim dalam memperjuangkan kemerdekaan sangatlah memiliki peran penting. . dan kita sebagai umat muslim saling mendoakan kebaikan supaya pejuang –pejuang Indonesia diberikan tempat yang layak di sisi Allah Subhanahu wata ‘ala