Sahabat Nabi Muhammad yang Dijamin Masuk Surga

  • 26 March 2021
  • Admin

10 Sahabat Nabi Muhammad yang Dijamin Masuk Surga. Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa salam seorang nabi yang begitu sangat memuliakan sahabatnya. Para sahabat Rasulullah disaat itu mereka memperjuangkan  dan juga menegakkan agama islam  yang tidak bisa kita nilai , walaupun sebesar gunung tertinggi di dunia ini pun tidak bisa dinilai dengan perjuangan di waktu itu. Rasulullah pernah bersabda

“ Abu Bakar disurga,Umar disurga, Usman di surga,Ali disurga,Thalhah di surga, Zubair di surga, Abdurrahman bin Auf di surga, Saád di surga,Saíd di surga, Abu Ubaidah bin Jarrah di surga.”(HR. At-Tirmidzi)

Dari hadits diatas terdapat 10 sahabat Nabi Muhammad yang dijamin Masuk surga, berikut penjelasan singkatnya:
 
1.       Abu Bakar Ash Shiddiq. Adalah manusia yang pada jaman itu terbaik setelah Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa salam. Dan dia orang yang paling pertama dalam memeluk agama islam. Dia memiliki suatu jasa yang sangat besar disaat menjadi seorang khalifah dalam memperjuangkan  berperang melawan kaum yang murtad.

2.       Umar bin Khattab. Di saat umar memeluk ajaran islam membuat  semangat dalam menyebarkan agama islam bersama Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa salam. Dia  merupakan seorang yang berjiwa keras dan juga tegas dalam membuat keputusan.  Dikenal berani dalam menyiarkan agama islam  sehingga  dijuluki  Singa Padang Pasir .

3.       Utsman bin Affan. Sahabat yang telah menikahi dua orang putri Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasalam. Yakni Ruqayyah dan Ummu Kultsum. Sehingga dijuluki dzunnuráin yang memiliki arti dua cahaya.. ia juga seorang khalifah  ketiga setelah Umar bin khattab.

4.       Ali bin Abi Thalib. Memiliki gelar “Karrahmallahu Wajhah” yang jika diartikan  semoga Allah Subhanahu wa ta’ala memuliakan wajahnya. Ia juga seorang khalifah yang terakhir dan  juga sepupu  sekaligus menjadi seorang menantu Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa salam. Anak Rasulullah yang dinikahi adalah Fatimah Az-Zahra.

5.       Thalhah bin Ubaidillah. Memiliki julukan  Asy-Syaahidul Hayy artinya Syahid yang hidup. Thalhah bin Ubaidillah disaat perang Uhud   yang telah melindungi Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasalam yang dimana ia harus terkena sabetan pedang, tusukan tombak,dan juga anak panah hingga 70 luka berada di tubuhnya. Sehingga ian mati syahid.

6.       Zubair bin Awwam.  Sahabat nabi Muhammad shalallahu alaihi wasalam yang sangat mulia. Zubair bin Awwam  membela Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasalam dengan tujuan untuk berkorban di jalan Allah shalallahu alaihi wa salam. Bukan karena  ia adalah sepupu nabi Muhammad shalallahu alaihi wasalam. Ibu Zubair  merupakan bibi dari nabi Muhammad shalallahu alaihi wa salam.

7.       Abdurrahman bin Auf.  Memiliki julukan  “Sahabat Bertangan Emas”, Karena semua bisnis yang dikelolanya dipastikan berhasil. Dia sangat dermawan dan seorang pebisnis yang kaya  dan Abdurrahman bin auf tidak akan pernah berfikir untuk menyumbangkan harta nya kepada orang-orang.

8.       Sa’ad bin Abi Waqqash. Saat perang Persia Sa’ad lah yang memimpin perang dan dikenal seorang anak yang sangat berbakti terhadap orang tua, karena itu Sa’ad dijamin nantinya akan masuk surga.

9.       Sa’id bin Zaid bin Amru bin Naufal Al-Adawi.  Di dalam sejarah Saíd dan isterinya yang membuat Umar bin Khattab memeluk agama islam. Sa’id seorang pelopor yang beriman kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dan juga yang mempercayai kerasulan Nabi Muhammad Shalallahu alaihi Wa salam.

10.   Abu Ubaidillah bin Jarrah. Memeluk agama islam melalui ajakan Sahabat Abu Bakar Ash-Siddiq , memiliki kepribadian  yang lemah lembut,  dan selalu cekatan dalam menjalankan urusan yang penting. Abu Ubidillah berhasil menyusup ke dalam pasukan musuh dan tanpa pernah takut mati di saat  perang badar.