10 Penyakit Saat Bulan Puasa Yang Perlu Di Waspadai

  • 18 April 2022
  • Admin

10 Penyakit saat Bulan Puasa yang perlu diwaspadai Bulan puasa merupakan bulan yang penuh berkah dan dibukanya pintu ampunan. Selain terdapat kelebihan secara agama, puasa juga ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, itu pun kita harus menahan lapar dan haus dari pagi sampai adzan magrib berkumandang.

Puasa bisa memberikan dampak positif pada tubuh kita jika kita selalu hidup sehat . tetapi di lapangan  ada beberapa  penyakit yang timbul disaat puasa yang terkena pada tubuh kita. Jika memang kita selalu teratur dalam mengkonsumsi makanan setelah berbuka puasa.

Berikut 10 penyakit saat bulan puasa yag perlu kita waspadai:

1.   Sembelit

Penyakit sembelit ini sudah umum bagi kita yang sedang menjalan puasa sebab tubuh kita banyak yang menyaring makanan, kekurangan air minum serta kurangnya mengkonsumsi serat. Dalam mengatasi sembelit  kalian bisa mencoba disaat berbuka puasa dan juga sahur oerba banyaklah dalam mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Seperti biji-bijian dan buah-buahan dan yang tidak kalah pentingnya adalah meminum air putih yang cukup.

Penyakit sembelit ini sangat sering sekali di bulan puasa .

2.   Mual dan muntah

Disaat awal puasa kita akan sering merasakan gejala mual dan muntah. Hal ini akan hilang sendiri . untuk mengatasi mual dan muntah  yaitu jangan pernah ketinggalan kalau sahur, hindari makanan pedas dan juga asam dan hindarilah minum air es.

3.   Mulut Bau

Produksi air liur disaat liur dalam mulut kurang karena kurangnya cairan yang masuk kedalam tubuh yang membuat mulut menjadi kering. Dan solusi nya kita teteap sikat gigi seperti biasa. Dan konsumsi buah-buahan sebagai pengusir bau mulut contohnya bengkoang apel,dan juga wortel.

Sudah suatu hal yang umum kalau puasa itu sering kali kita merasakan naas akan bau dan akan menimbulkan lapisan berwarna putih dan pada gigi dan idah yang mengeluarkan aroma yang tidak menyenangkan.

4.   Sakit kepala

Pertama-pertama puasa  kebanyakan kita bisa mengalami penyakit sakit  kepala . kurangnya pasokan  gula yang masuk kedalam tubuh.

Biasanya orang yang mengkonsumsi kopi dan rokok cara mengatasinya  stop dahulu untuk mengkonsumsi  kopi dan rokok  selama bulan ramadhan ini.

5.   Gula darah  rendah

Terlalu banyak gula pada tubuh kita menyebabkan tubuh kita secara otomatis akan menghasilkan insulin yang banyak dan juga glukosa darah menurun begitu drastis.

Penyakit dari gula dara rendah ini memiliki gejala-gejala yang perlu kita ketahui  seperti lesu,pusing,mudah capek, konsentrasi buruk, gampang berkeringat dan tidak mudah melakukan aktivitas fisik dan sakit kepala.

6.   Batu Ginjal

Pada penyakit batu ginjal ini terjadi jika orang tersebut  mengkonsumsi minum air putih dengan cukup, yang bisa terjadi disaat bulan suci puasa

Untuk mencegahnya atau mengatasinya perbanyaklah minum air putih disaat buka dan sahur.

7.   Tekanan darah rendah.

Didalam penyakit  tekanan darah bisa jadi kurangnya dalam konsumsi garam dan sedikitnya mengkonsumsi cairan.

Untuk mengatasinya kita perlu meningkatkan  konsumsi cairan dan juga garam.

8.   Diare

Dalam mengatasi sakit diare ini selalu mengawali makan buah yang substansinya dingin  yaitu buah persik, pir, pepaya ,melon dan lain sebagainya. Disaat sahur lalu terakhir makan dua jam sebelum tidur.

Penyakit diare ini umumnya terjadi di awal puasa ,dan juga diare biasanya akan bisa berhenti dengan sendirinya.

9.   Sakit pinggang

Disaat berpuasa lakukanlah aktivitas seperti biasa, jika tidak kita akan merasakan gejala-gejala sakit pinggang, yang biasanya disaat bulan puasa penyebab utamanya kurang bergerak yang membuat pinggang akan terasa sakit.

10.   Dehidrasi

Walaupun kita lagi berpuasa, selalu penuhi cairan tubuh kita dengan mengkonsumsi delapan gelas air putih dalam seharinya. Perbanyaklah dalam mengkonsumsi buah-buahan serta mengurangi keluar lapangan.

Jika cairan tubuh kita tidak terpenuhi tubuh kita akan merasakan lemas  itu menandakan kita Dehidrasi. Apalagi di bulan puasa kita pasti akan kekurangan cairan yang masuk.

Begitulah 10 penyakit saat bulan Puasa yang perlu diwaspadai.