5 Cara Menghormati Orangtua Menurut

  • 20 September 2022
  • Admin

5 cara menghormati orangtua menurut Ajaran Agama Islam.seorang muslim memiliki pedoman untuk selalu memuliakan dan menghormati orang tua. Apalagi dengan seorang ibu yang dari kita seorang yang masih di dalam kandungan sampai dengan melahirkan dan setelah itu merawat kita dari  kecil . terdapat di al quran dan hadist yang mengatakan kalau memuliakan orang tua itu adalah amalan yang paling utama yang setidaknya kita harus mengerjakan ataupun melakukannya. Berikut ini firman allah Subhanahu wa ta'ala:

 "Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada Ibu Bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan 'ah' dan janganlah kamu membentak mereka, dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah, "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.” - (QS. Al Isra: 23-24).

Berikut ini ada 5 cara menghormati orangtua menurut ajaran islam.

1. Bertutur kata yang baik dan juga rendah hati.

Godaan seorang anak untuk tidak berbakti kepada orang tua akan selalu ada. Apalagi ketika seorang anak sedang konflik atau tidak sepaham dengan orangtua. Emosi jiwa seorang anak akan selalu mengeluarkan kata-kata kasar, dan berperilaku  yang tidak orangtua sukai.

 Tetapi di dalam ajaran islam diwajibkan untuk selalu memuliakan dan menghormati orang tua seperti bersikap rendah hati dengan bertutur kata yang baik. Berkomunikasi dengan memakai kalimat yang terbaik . allah berfirman :

"Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia” - (QS. Al Isra: 23).

2. Selalu memprioritaskan orang tua

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam menyebutkan kalau surga berada di bawah kedua kaki seorang ibu, maka anak harus selalu mengabdi kepadanya.

Perlu kalian ingat dan perhatikan menghormati dan mengutamakan terhadap kedua orang tua adalah sumber dari keberkahan dan ridhonya allah.

3. Membantu Mewujudkan impian Orang Tua

Orangtua kita semakin hari akan semakin bertambah umur dan menua,oleh karena itu sering-seringlah dalam membantu orang tua demi mewujudkan keinginan mereka yang belum pernah tercapai.  Maka  selalu berusaha menyenangkan hati orangtua. Lakukanlah setiap apa yang orangtua minta. Bahagiakan mereka dan berilah dukungan supaya dapat mencapai impian mereka yang tertunda

4. Melakukan apa yang orang tua perintahkan

Berbakti kepada orangtua mempengaruhi dalam kunci kesuksesan anak-anaknya .Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam Bersabda:

"Doa orangtua untuk anaknya sama seperti doa nabi terhadap umatnya." - (HR. Ad Dailami).

Selama orang tua memerintahkan kita tidak bertentangan dengan aturan Allah maka wajib untuk mengikuti dan mematuhinya.

5. Merawat orang tua yang sudah berumur senja

Ada sebuah hadits yang menyebutkan:

"Sungguh hina, sungguh hina, kemudian sungguh hina orang yang mendapatkan salah seorang atau kedua orangtuanya lanjut usia di sisinya (semasa hidupnya). Namun ia (orangtuanya) tidak memasukkannya ke surga.” - (HR: Ahmad).

Walaupun sudah berkeluarga , kita sebagai seorang anak memiliki kewajiban untuk selalu berbakti kepada kedua orangtua dengan merawat mereka yang telah memasuki usia senja. Memang merawat orangtua yang sudah berumur tidak lah mudah tetapi perbuatan ini akan allah berikan pahala berlipat ganda.