3 Penyakit Hati Dalam Islam Yang Bisa Menggugurkan Pahala

  • 15 March 2022
  • Admin

3 Penyakit Hati Dalam Islam Yang Bisa Menggugurkan Pahala. Dalam hal penyakit di dalam diri kita terdapat dua penyakit yaitu penyakit hati dan juga penyakit badan.  Maka disaat kita berdoa selalu meminta kesehatan badan dan kesehatan hati sekalian.

Penyakit hati merupakan penyakit yang tidak terlihat , sangat berbeda dengan penyakit di badan yang jelas terlihat. Kita sering melihat seseorang yang memiliki tubuh yang sehat kekar berotot , terlihat segar juga , tetapi kita tidak mengetahui kalau hati orang tersebut sedang sakit . bisa saja seperti itu.

Perlunya kita ketahui kalau hati itu terdiri dari tiga macam  yaitu hati yang sehat selamat dari penyakit hati), hati yang sakit dan juga hati yang mati . ketiga jenis hati  disebutkan di dalam firman allah Subhanahu wataála  sebagai berikut:

Artinya : “Dan Kami tidak mengutus sebelum kamu seorang rasul pun dan tidak (pula) seorang nabi, melainkan apabila ia mempunyai sesuatu keinginan, syaitan pun memasukkan godaan-godaan terhadap keinginan itu, Allah menghilangkan apa yang dimasukkan oleh syaitan itu, dan Allah menguatkan ayat-ayat-Nya. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana, agar Dia menjadikan apa yang dimasukkan oleh syaitan itu, sebagai cobaan bagi orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit (hati yang sakit) dan yang mati hatinya. Dan sesungguhnya orang-orang yang zalim itu, benar-benar dalam permusuhan yang sangat, dan agar orang-orang yang telah diberi ilmu (yang punya hati yang sehat), meyakini bahwasanya Al Quran itulah yang hak dari Rabbmu lalu mereka beriman dan tunduk hati mereka kepadanya dan sesungguhnya Allah adalah Pemberi Petunjuk bagi orang-orang yang beriman kepada jalan yang lurus.” (QS. Al Hajj: 52-54).

Dalam ayat diatas , disebutkan tiga macam hati, yaitu dua hati yang terkena fitnah dan satu hati yang selamat. Hati yang terkena fitnah adalah hati yang sakit dan yang mati. Sedangkan hati yang selamat adalah hati orang beriman yang selalu tunduk dan patuh pada Rabb-Nya, serta selalu merasakan ketenangan.

Ada 3 penyakit hati dalam islam yang bisa menggugurkan pahala yang perlu kita ketahui yaitu

1.   Iri dan Dengki

Penyakit hati iri dan dengki ini  merupakan penyakit yang sering kita dapatkan di masyarakat . iri merupakan seseorang yang tidak menyukai  jika orang tersebut sedang bahagia . perilaku sifat dengki ini hampir sama dengan rasa iri tetapi lebih kejam , dimana sifat dengki in bukan hanya tidak suka melihat orang lain bahagia tetapi  juga menginginkan supaya kebahagiaan orang tersebut hilang dan berpindah kepadanya.

Allah memerintahkan untuk menjauhi penyakit hati ini ,Allah ta’ala berfirman:

Artinya: Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian daripada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (QS An Nisa : 32).

2.   Riya (Suka Pamer)

Riya merupakan sifat yang suka pamer kepada orang lain, yang dimana orang tersebut memiliki sesuatu dan iya dengan sengaja memperlihatkan kepada orang lain. Di Zaman serba digital seperti ini sifat Riya’  sering sekali kita temui. Contohnya membuat status di akun media sosial kita disaat kita sedang berbuat baik ataupun memamerkan kekayaan kita. Sifat riya  juga bisa menghilangkan pahala kebaikan itu sendiri . Allah Subhanahu wa ta'ala Berfirman :

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir. (Qs Al Baqarah 264).

3.   Kikir

Penyakit hati yang ketiga dan terakhir ini adalah sifat kikir. Sifat ini adalah  tidak pernah mau membagikan hartanya kepada orang  yang sedang membutuhkan  yang dimana kita ketahui orang tersebut memiliki harta yang lebih. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

Artinya: Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka, bahwa kebatilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Qs Al Imran : 180)

 Hindarilah 3 penyakit hati yang bisa mengguguryang telah dijelaskan diatas, agar pahala yang selama ini kita dapatkan tidak berkurang