3 Perbedaan Khutbah, Tabligh, dan Dakwah Menurut Ilmu Agama Islam

  • 30 September 2021
  • Admin

3 Perbedaan Khutbah, Tabligh, dan Dakwah Menurut Ilmu Agama Islam, Menjalankan printah Allah dan menjauhi larangan NYA merupakan salah satu syarakat untuk menjadi seornag muslim yang beriman. Sebab orang orang yang beriman nantinya akan memperoleh petunjuk dan perlindungan dari Allah SWT.

Dalam ajaran Islam, seorang muslim juga sebaiknya dapat menjadi sosok yang bermanfaat bagi saudaranya yang tidak hanya untuk mencari manfaat dari orang lainnya. Sebagaimana dalam Hadist Riwayat (HR) Ahmad, At-At-Thabrani dan Ad-Daruqutni sebagai berikut:

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.”

Di dalam surah Ali Imran ayat 104 menjelaskan bahwa "Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung."

Lantas bagaimana cara untuk mengajak umat Islam lainnya agar dapat berbuat kebaikan.? Salah satunya melalui khutbah, tabligh dan dakwah. Secara umum, ketiganya memiliki tujuan yang sama untuk mengajarkan umat tentang Islam, memberi nasihat dan peringatan, serta menyeru ke jalan Allah SWT.

Khutbah.

Khutbah adalah salah satu metode yang digunakan untuk mengkomunikasikan sebuah pesan. Secara harfiah, khutbah berarti ceramah atau pidato. Kegiatan tersebut disampaikan kepada sejumlah umat Islam dengan syarat dan rukun tertentu yang berisi sebuah ajakan berbuat kebajikan, peringatan, pembelajaran, nasehat dan sebagainya.

Tabligh.

Tabligh berasal dari kata ballagha, yuballighu tablighon yang artinya menyampaikan. Secara istilah, tabligh adalah menyampaikan ajaran-ajaran Islam kepada muslim agar melakukan perbuatan yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari untuk bekal di akhirat.

Dakwah.

Dakwah merupakan kegiatan mengajak seseorang untuk meyakini dan mengamalkan aqidah (keyakinan ) dan syariah Islamiyyah (hukum Islam) untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari agar mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Adapun beberapa perbedaan dari Khutbah, Tabligh, dan Dakwah

1. Khutbah biasanya memiliki waktu waktu tertentu dalam pelaksanaannya, sementara untuk tabligh dan dakwah bisa dilakukan kapan saja.

2. Khutbah memiliki syarat dan rukun, Sementara tabligh dan dakwah tidak memiliki syarat dan rukun.

3. Khutbah memerlukan mimbar, sedangkan tabligh dan dakwah tidak memerlukan mimbar.

4. Khutbah dilakukan oleh seorang khatib yang hendaknya memiliki pengetahuan yang fasih tentang Islam sedangkan tabligh dan dakwah tidak demikian.

5. Khutbah dilakukan secara khusus dengan memiliki tata cara tertentu, sedangkan tabligh dan dakwah tidak.

6. Pelaksana khutbah disebut khatib, sedangkan tabligh disebut mubaligh dan dakwah disebut da’i atau juru dakwah.