3 Perilaku Sederhana Nabi Muhammad Yang Bisa Ditiru

  • 15 August 2022
  • Admin

3 Perilaku Sederhana nabi Muhammad Yang Bisa Ditiru. Nabi Kita Muhammad Shallallahu alaihi wasallam  dikenal memiliki sifat-sifat yang mulia. Sebagai umat rasulullah kita dianjurkan untuk meneladani dan meniru nya.  Walaupun kita sebagai umatnya tidak dapat meneladani secara penuh sifat-sifat beliau tetapi setidaknya kita bisa mendekati sifat-sifat beliau,

Adapun perilaku sederhana nabi Muhammad Shallallahu alaihi Wasallam  yang dapat kita tiru :

1.   Mengedepankan akhlak.

Rasulullah Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam  dalam melakukan sesuatu apapun selalu mengedepankan Akhlak  . karena itulah islam cepat mengalami perkembangan yang pesat ke seluruh dunia.

Nabi yang selalu berperilaku akhlak yang mulia menjadikan beliau dihormati , di seluruh dunia bukan hanya dengan orang-orang islam  tetapi beliau juga dihormati sekali oleh agama-agama lain.

Rasulullah menegaskan , kalau beliau diutus oleh Allah subhanahu wa ta'ala  tujuannya untuk memperbaiki Akhlak , Rasulullah  Bersabda:

”Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang sholeh”. (HR: Bukhari dalam shahih Bukhari kitab adab, Baihaqi dalam kitab Syu'bul Iman dan Hakim).

Akhlak merupakan suatu cerminan diri seorang muslim yang bisa dengan mudah dilihat oleh orang. Praktekkan  dengan selalu berbuat baik, ramah kepada sesama dan selalu menghormati mereka yang memiliki pendapat berbeda dari kita.s

2.   Selalu Mementingkan orang lain Dibandingkan diri sendiri.

Ketika kita ingin meneladani nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam  Kita bisa mengawali nya dengan yang hal kecil saja seperti  kita mulai menghapus sifat mementingkan diri sendiri dibandingkan orang lain dengan cara perlahan. Karena Nabi semasa hidupnya selalu mementingkan orang lain dibandingkan dirinya sendiri.

Terdapat banyak kisah yang terkait ,  seperti  contohnya  disaat rasulullah tidak ingin merepotkan umatnya hanya sekadar untuk makan dan lebih memilih perutnya lapar.

hal kecil lainnya seperti tidak mendahului antrian atau tidak mendahului orang tua ketika berjalan

3.   . Selalu Belajar

Walaupun rasulullah Shallallahu alaihi wasallam  seorang Ummy (tidak bisa membaca dan menulis)  tetapi beliau merupakan seorang pembelajar yang rajin dan tekun. Beliau selalu menyuruh umat  islam untuk senantiasa selalu terus belajar. Di dalam bahasa nabi, sampai ke negeri china untuk menuntut ilmu.

Rasul bersabda tentang mereka yang gemar menimba ilmu pengetahuan. Para pencari ilmu yang gemar belajar, kata Nabi, kelak akan mendapatkan kemudahan ketika di akhirat.

“Barang siapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan jalan ke surga baginya." (HR. Muslim).

 Dari Ketiga Perilaku Sederhana di atas jika kita memang memiliki niat  dan selalu beriman  dan kita bisa melakukannya dengan konsisten dan istiqomah, insya allah hidup kita di dunia adem tentram dan selalu menjadi pribadi yang baik.  Secara lahiriah kita akan terus menambah prilaku-perilaku lain yang selalu dilakukan rasulullah shallallahu alaihi wasallam,

Ada sebagian orang yang selalu menganggap cukup dengan mengamalkan amalan wajib saja. Dan amalan sunnah  boleh boleh saja kalau lagi sempat . anggapan seperti ini adalah anggapan orang awam. Tetapi perlu diketahui kalau kita meneliti apa yang diberitahukan oleh allah dan rasulnya. , kalau amalan sunnah mempunyai keistimewaan yang luar biasa yang dapat mendukung kesempurnaan amalan wajib yang selama ini kita lakukan. Salah satunya  orang yang rajin mengamalkan amalan sunnah maka ia akan menjadi wali allah yang istimewa . Allah ta’ala berfirman ,

“Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa.” (QS. Yunus: 62-63)