3 Trik Pastikan Hewan Qurban Sudah Mati

  • 28 June 2021
  • Admin

Sebentar lagi hari raya idul adha akan tiba, yang akan diperingati saat tanggal 10 dzulhijjah.  Dalam merayakan hari raya idul adha umat muslim juga akan merayakannya dengan melakukan qurban atau menyembelih hewan hewan ternak. Hewan ternak yang akan dijadikan sebagai hewan qurban tidaklah dipilih secara sembarangan. Hewan hewan yang akan dijadikan qurban harus benar benar sehat (tidak sakit). Hewan qurban juga tidak boleh memiliki fisik yang cacat atau terluka karena hal tersebut dapat membuat ibadah qurban menjadi tidak sah.

Berikut ciri ciri hewan yang tidak boleh dijadikan hewan qurban

Hewan yang matanya buta
Hewan yang salah satu kakinya pincang
Hewan yang sedang sakit
Hewan yang sangat kurus
Hewan yang mempunyai telinga terputus sebagian atau seluruhnya
Hewan yang ekornya terputus sebagian atau seluruhnya

Adapun ciri ciri hewan yang baik untuk diqurbankan yaitu

Nafsu Makan Baik
Cermin Hidung Hewan Basah

Mata Bersinar
Dalam proses penyembelihan dan pemotongan hewan qurban juga wajib mengikuti aturan yang diajarkan di dalam agama islam. Sebelum hewan dikuliti atau dipotong dagingnya hewan qurban harus benar benar sudah dalam kondisi mati (mati karena disembelih). Hewan hewan yang belum mati tidak dianjurkan untuk dipotong dan dikuliti karena dianggap dagingnya tidak halal lagi, lantas bagaimana cara mengetahui apakah hewan tersebut sudah benar benar mati.?
Untuk memastikan hewan yang disembelih sudah benar benar mati anda bisa melakukan 

Cek Mata
Untuk memastikan hewan ternak tersebut sudah mati atau belum anda dapat mencoba menyentuh bagian pupil mata dengan menggunakan ujung jari, apabila hewan tersebut masih bereaksi atau berkedip maka hewan tersebut masih hidup, sementara jika hewan tersebut tidak memberikan reaksi atau tidak berkedip maka hewan tersebut sudah mati.

Refleks Ekor
Anda juga bisa mengecek refleks ekor dengan memencet bagian batang ekor hewan tersebut, apabila hewan masih memberikan reaksi maka hewan tersebut masih hidup sementara jika batang ekor dipencet tidak memberikan reaksi apapun maka hewan tersebut sudah mati.

Refleks Kuku
Diantara kedua kuku hewan tersebut terdapat bagian yang sangat sensitif sehingga anda dapat melakukan pengecekan melalui kukunya. Tusuk bagian tersebut dengan menggunakan ujung pisau yang runcing, apabila masih bereaksi maka hewan tersebut belum mati, namun jika hewan tersebut tidak memberikan reaksi maka hewan tersebut dapat dikatakan sudah mati.
Itulah tiga cara untuk memastikan bahwa hewan qurban sudah benar benar mati dan barulah boleh dikuliti dan dipotong dagingnya.