4 Tips Agar Tidak Bosan Saat Belajar Daring Dirumah

  • 17 December 2021
  • Admin

4 Tips Agar Tidak Bosan Saat Belajar Daring Dirumah, Pandemi covid 19 belum berakhir, yang membuat banyak orang masih beraktivitas dari rumah, dan termasuk dengan proses belajar mengajar. Untuk mengurangi penyebaran virus corona yang semakin meluas, anak anak sekolah diliburkan dari aktivitas sekolah, sehingga mereka melakukan belajar secara daring dari rumah masing masing. 

Belajar dari rumah dan disekolah tentu berbeda, yang dimana belajar di sekolah lebih menyenangkan, sebab belajar bersama dengan teman teman sebaya lebih menyenangkan. Tidak heran jika belajar dari rumah kerap kali terasa membosankan, apalagi jika faktor lingkungan sekitar tidak mendukung, pastinya akan membuat aktivitas belajar menjadi terasa terganggu.

Tips Agar Tidak Bosan Saat Belajar Daring Dirumah
Banyak orang tua yang mencemaskan situasi tersebut. Mereka khawatir jika anak anak mereka tidak dapat fokus dan belajar secara maksimal, akan mempengaruhi masa depan anak kelak. Namun sebagai orang tua, anda tidak perlu khawatir, sebab pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi tips agar tidak bosan saat belajar daring dari rumah.

1.Buat Jadwal Belajar
Ajak anak anda untuk membuat jadwal belajar yang disepakati bersama, guna melatih tingkat kedisiplinan dan membentuk kebiasaan baik pada anak.

Namun jangan dipaksakan jika anak sudah terlihat terlalu lelah, karena hal tersebut hanya akan membuat anak kehilangan minat belajarnya. Maka berilah waktu untuk mereka beristirahat sebagai upaya untuk mengembalikan mood belajar sang anak yang kemudian dapat diajak kembali untuk berdiskusi dan memulai belajar.

2. Temukan guru yang tepat
Jika anda tidak memiliki waktu untuk mendamping anak, maka cobalah untuk mencari guru yang dapat superprof untuk mendukung aktivitas belajar anak. Tentu kita tahu bahwa orang tua tidak dapat mengandalkan 100 persen guru guru di sekolah, dikarenakan ada banyak murid yang harus diurusi oleh guru.

Dengan mencari guru di Superprof, guru yang akan Anda pilih bisa fokus mengajar anak Anda. Dan orang tua bisa berkonsultasi dan mengevaluasi perkembangan anak secara langsung dengan guru yang dipilih.

Sebagian besar dari guru superprof ini bekerja secara online, namun meskipun demikian, pastinya ada beberapa diantaranya yang bersedia untuk mengajar secara langsung dengan tatap muka. Dalam hal ini,pastikan bahwa guru yang akan mendidik anak anda memenuhi protocol kesehatan yang berlaku.

Dengan begini, orang tua bisa membuat variasi belajar untuk anak, misalnya 2 hari belajar secara online, dan 3 hari belajar tatap muka. Sehingga proses belajar menjadi tidak menjemukan.

3. Ajak teman dan buat kelompok belajar kecil
Agar proses belajar tidak membosankan, cobalah untuk mengajak beberapa temannya untuk belajar secara berkelompok di rumah sang anak, agar mereka tidak terlarut dalam rasa bosan saat belajar. Dalam ini, anda juga bisa berdiskusi bersama dengan para orang tua teman dari anak anda untuk mengatur biaya jasa guru superprof.

4. Berikan reward kepada anak
Ketika anak berhasil menyelesaikan tugas yang sesuai dengan keinginan anda, maka jangan sungkan untuk memberikan reward atau penghargaan kepada anak anda. Meskipun terdengar sederhana, namun nyatanya hal ini dapat meningkatkan semangat anak dalam belajar.

Anda bisa menghadiahkan mereka dengan barang barang yang disukai atau barang yang selama ini mereka inginkan. Jika adanya reward pastinya keinginan untuk belajar akan timbul dari dalam hatinya sendiri.

Demikianlah 4 tips agar tidak bosan saat belajar daring dirumah dan semoga dapat bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih sudah berkunjung.