4 Tips Lebaran Di Rumah Saja Tanpa Perlu Mudik

  • 26 April 2022
  • Admin

Hari raya idul fitri sudah di depan mata perkiraan seminggu lagi. Dan biasanya di hari-hari menjelang hari raya ini, kalian pasti sudah mempersiapkan diri untuk packing-packing barang bawaan seperti baju suami,anak,diri sendiri ke dalam koper. Kalau kegiatan itu kalian lakukan sudah pasti mudah sekali menebaknya kalau kalian itu sedang mempersiapkan untuk mudik lebaran ke kampung halaman.

Namun untuk saat ini dan di tahun ini kebanyakan orang  dengan terpaksa tidak melakukan mudik ke kampung halamannya ,dan berlebaran di rumah domisilinya masing- masing , dikarenakan pemerintah menginstruksikan untuk tidak mudik , karena kondisi pandemi masih belum bisa dikendalikan dan masih belum stabil.

Kalian tidak perlu bersedih dikarenakan berlebaran di rumah saja tanpa mudik kalian bisa juga merayakan dengan seru bersama keluarga tercinta.  Buat kalian yang tidak mudik lebaran di tahun ini , disini akan diberikan tips merayakan lebaran di rumah saja yang bisa kalian lakukan untuk membuat suasana lebaran tetap terasa fitri.

-          Menjalin silaturahmi Tetap berjalan.

Kalian yang tidak melaksanakan mudik lebaran itu bukan penghalang untuk tidak menjalin silaturahmi . kalian pastinya sudah tahu , di zaman yang sudah canggih seperti sekarang ini yang namanya teknologi video call , kini kalian masih bisa melakukan komunikasi dengan saudara yang berada di kampung halaman.

Selalu menjaga silaturahmi  disaat kalian merayakan lebaran di rumah saja. kalian bisa melakukan panggilan video dengan anggota keluarga ,kerabat dekat yang berada di kampung halaman dengan mengucapkan selamat idul fitri , kalian bisa melakukan panggilan berbarengan jadi saat video call kalian bisa sekalian berbicara dengan keluarga , bisa menggunakan aplikasi zoom atau dengan whatsapp group. Dengan begitu , keluarga bisa tetap terasa dekat walaupun terhalang oleh jarak.

-          Membuat Suasana Lebaran tetap Terasa di Rumah

Walau kalian tidak bisa mudik dan tidak bisa merayakan lebaran dengan keluarga besar , bukan berarti kalian tidak bisa merasakan kemeriahan lebaran di rumah atau kampung halaman. Supaya  suasana khas lebaran tetap terasa , maka kalian bisa membuat suasana di rumah kalian seperti  di rumah kampung halaman tersebut  dengan mendekorasi khas lebaran yang mirip seperti biasa di rumah kampung halaman.

Kalian juga bisa mempersiapkan berbagai hidangan dan camilan khas lebaran yang biasanya kalian nikmati bersama keluarga disaat hari lebaran idul fitri. Tidak ada yang salah kalau merayakan lebaran khas keluarga dirumah sendiri. Dengan demikian kalian tidak akan merasa kehilangan momen lebaran bersama keluarga.

 

-          Buatlah Perencanaan untuk kegiatan Bersama keluarga dirumah.

Kalian bisa merencanakan kegiatan bersama keluarga dirumah supaya tidak bosan menghabiskan liburan dirumah saja, kalian bisa melakukan kegiatan di rumah bersama-sama keluarga seperti bermain game, bermain yang biasa dilakukan di kampung halaman, memasak berbagai hidangan khas idul fitri bersama.

Kalian bisa melakukan kegiatan lain seperti di outdoor yaitu badminton di pekarangan rumah, selama mengisi libur lebaran di rumah bersama keluarga , kalian bisa melakukan kegiatan apa saja bisa membuat suasana terasa ramai seperti di kampung halaman.

-          Mempertimbangkan Staycation lebaran untuk Suasana baru.

Setelah kalian menghabiskan hari-hari  dirumah untuk memeriahkan lebaran . secara manusiawi  kalian akan ada rasa suntuk ,dan liburan lebaran belum selesai juga. Maka alternatif untuk merayakan lebaran di saat tidak mudik dan menghilangkan rasa bosan, kalian bisa melakukan staycation yang berada di dalam kota.

Trend staycation lebaran bukan hal yang baru sebab kegiatan ini merupakan hal yang sering dilakukan sejak beberapa tahun ini yang dikhususkan biasanya buat kalian yang ditinggal oleh asisten rumah tangga yang lagi mudik.

Dengan staycation di hotel kalian tidak perlu memikirkan persiapan lebaran dan kebutuhan lainnya, karena segala  fasilitas dan layanan sudah dipersiapkan oleh pihak hotel. Apalagi dengan memanfaatkan promo ramadhan dan lebaran yang biasanya ditawarkan oleh pihak hotel.

Demikian  4 tips lebaran dirumah aja tanpa perlu Mudik , yang bisa kalian coba supaya perayaan lebaran tahun ini tetapi memiliki makna , walaupun tidak bisa mudik ke kampung halaman.