5 Cara Aman dan Sehat Menyembelih Hewan Kurban

  • 02 July 2021
  • Admin

Melakukan ibadah qurban merupakan salah satu cara mendekatkan diri kepada ALLah SWT. Melalui ibadah qurban kita juga dapat meningkatkan persaudaraan antara orang orang yang mampu dengan orang orang yang tidak mampu. Dalam melakukan ibadah qurban orang orang yang mampu akan menyembeli hewan ternak yang nantinya daging daging dari hewan ternak tersebut akan dibagikan kepada sesama.

Lalu bagaimana jika daging yang dibagikan tersebut telah terkontaminasi kuman penyebab penyakit.? Tentu saja hal tersebut akan menjadi sumber dari penularan penyakit, maka dari itu agar daging daging qurban yang dibagikan tersebut tidak menjadi sumber dari penyakit, simak 5 cara aman dan sehat menyembelih hewan kurban berikut ini.

1. Pilih tempat penyembelihan yang tepat
Hal yang pertama yang harus anda perhatikan dalam proses penyembelihan hewan agar daging hewan qurban tersebut tetap sehat adalah memilih tempat yang tepat untuk melakukan penyembelihan dan pastikan bahwa anda memilih tempat penyembelihan yang bersih. Pastikan juga bahwa tempat yang anda pilih tersebut tersedia fasilitas air agar nantinya setelah proses penyembelihan selesai akan mudah dibersihkan.  
 
2. Pastikan hewan kurban bersih dan bebas dari penyakit
Memilih hewan qurban memang dianjurkan untuk memilih hewan hewan yang sehat dan tidak sakit agar kualitas daging dari hewan yang disembelih nantinya benar benar aman untuk dikonsumsi dan pastinya tidak menjadi penyebab adanya penularan penyakit.

3. Pisahkan bagian daging dari jeroan
Dalam proses pemotongan daging qurban, pastikan bahwa bagian jeroan dengan daging hewan dipisahkan karena pada bagian jeroan hewan lebih banyak mengandung kotoran dibandingkan dengan pada dagingnya sehingga benar benar membutuhkan penanganan secara khusus.

4. Siapkan tempat khusus untuk penanganan daging
Sebelum daging daging qurban dibagikan biasanya daging qurban akan dibersihkan dan dipotong potong terlebih dahulu dan diletakan pada suatu tempat. Agar daging tersebut tidak terkontaminasi pastikan bahwa anda menyiapkan tempat khusus untuk menyimpan daging sebelum dibagikan dan pastikan bahwa tempat tersebut benar benar bersih. 

5. Gunakan sarung tangan saat menangani daging
Sebelum menangani daging qurban anda dianjurkan untuk mencuci tangan menggunakan sabun terlebih dahulu dan anda juga bisa menggunakan sarung tangan untuk menangani daging daging tersebut agar tetap higienis.

Seperti itulah 5 cara aman dan sehat ketika menyembelih hewan hewan qurban di hari raya dan semoga apa yang dijelaskan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua, amin.