5 Cara mengatasi Masalah di Tempat Kerja

  • 04 March 2022
  • Admin

 

Dimanapun kita bekerja kita tidak akan bisa lari dari masalah. Walaupun kita berpindah tempat kerja, dipastikan ada saja masalah yang membuat kita malas bekerja dan ingin selalu pindah tempat kerja yang dimana kita akan berharap di tempat kerja yang baru akan lebih menyenangkan dari tempat yang lama. Padahal perlu ketahui ekspektasi tempat kerja yang kita harapkan kebanyakan tidak sesuai dengan ekspektasi kita.

Masalah yang secara umum kita alami di tempat kerja adalah masalah ketidak cocokan dengan teman kerja. Jenuh bekerja begitu –begitu saja, masalah dengan atasan dan lain sebagainya. Semua permasalah yang disebutkan itu bisa kita hadapi dengan santai. Selalu berpedoman apa yang terjadi di dalam tempat kerja  itu semua adalah dari Allah Subhanahu wata’ala . jika kita selalu merasa apa yang terjadi di dalam diri kita khusus di dalam dunia pekerjaan adalah dari allah ta’ala , pastinya kita tidak akan merasa jenuh, masalah pada tema akan menjadi biasa, dan kita menjalani pekerjaan akan merasa santai dan tenang

Berikut ada 5 cara mengatasi masalah ditempat kerja.

1.   Menghadapi Masalah

Disaat kita mengalami masalah, cepatlah untuk diselesaikan jangan menunda-nunda, jika kita memiliki masalah dengan rekan kerja. Maka cepatlah diselesaikan masalah tersebut kita samperin rekan kerja tersebut ajak berbicara dengan kepala dingin, dan kita tetap selalu tenang jangan terpancing emosi jika teman kita saat berbicara dengan nada yang sinis . insya allah jika kita memiliki niat yang baik untuk menyelesaikan masalah maka semua akan berjalan dengan baik. Dan akan kembali seperti semula. Suasana kerja akan kembali nyaman .

2.   Selalu berfikir positif

Berusahalah kita selalu berfikir positif. Karena dengan berpikir positif maka otak kita akan selalu tenang dan juga tentram. Dan disaat terjadi masalah kita akan bisa menghadapinya dengan tenang dan juga tegar. Dan secara otomatis kita akan intropeksi diri dan tidak langsung menyalahkan .

3.   Mencari jalan Tengah.

Mencari jalan tengah biasanya kita lakukan di dalam situasi memiliki masalah dengan rekan kerja. Dimana kita sudah berusaha untuk mengajak diskusi mencari kesepakatan agar masalah cepat selesai. Kita bisa sepakati bagaimana jalan keluarnya .  pastikan diskusi yang kita lakukan menghasilkan suatu keputusan yang jelas .

4.   Mencari tahu inti dari penyebab dari masalah

Cara mengatasi masalah ditempat kerja ini bisa diterapkan untuk permasalahan yang kita hadapi.mau itu masalah dengan pekerjaan, rekan kerja atau atasan. Kita bisa menerapkan cara yang satu ini . dengan mencari tahu inti dari masalah yang bisa kita pahami nantinya. Mencari sebab  dari permasalahan tersebut. Dengan cara ini kita bisa mengetahui masalah yang terjadi bukan datang dengan begitu saja. Tetapi pastinya ada sebabnya.

5.   Intropeksi diri

Bisa saja masalah yang muncul di tempat kerja, penyebabnya ada pada kita sendiri. Dan kita tidak mau mengakuinya. Untuk mengakui atau sadar diri   untuk mengakui kesalahan kita tidaklah mudah. Kita perlu memiliki akal yang sehat yang tajam dan kerendahan hati yang mendalam  untuk bisa memiliki kesadaran seperti ini.

Kalau kita bisa mengakui  kalau kita adalah penyebab dari permasalahan tersebut  itu sangat baik sekali, dengan memiliki kejujuran dan kesadaran diri, kita bisa mengevaluasi dan memperbaiki diri kita sendiri. Maka dari itu kedepannya kita bisa lebih dari hati-hati dan tidak mengulangi penyebab yang disebutkan sebelumnya.