5 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Menurut Pandangan Islam

  • 23 July 2021
  • Admin

Rasa mual saat masa kehamilan sudah menjadi suatu hal yang wajar. Terjadinya rasa mual dapat disebabkan oleh sistem hormone di dalam tubuh. Bagi seorang wanita masa masa mual saat hamil merupakan masa yang cukup sulit, pasalnya rasa mual akan sangat mempengaruhi nafsu makan bagi setiap wanita yang sedang hamil, sehingga tidak heran jika wanita sedang berada di masa masa mual saat hamil akan turun nafsu makannya. Nah bagi anda yang sedang berada di masa tersebut, berikut ini kami akan berbagi beberapa cara untuk mengatasi rasa mual saat hamil muda menurut pandangan islam.

1. Hindari makanan yang terlalu asam dan berlemak
Mengkonsumsi makanan yang berlemak dapat memicu timbulnya rasa mual pada ibu ibu hamil. Bagi bunda yang sedang hamil muda sebaiknya menghindari mengkonsumsi makanan makanan yang berlemak dan asam karena selain memicu rasa mual, makanan makanan tersebut juga kurang baik terhadap kondisi janin.

2. Makan dalam porsi sedikit tapi sering
Untuk menghilangkan rasa mual, bunda juga bisa mengkonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dengan porsi sedikit namun sering, hindari mengkonsumsi makanan dalam porsi yang besar karena hal tersebut dapat membuat bunda muda merasa mual.

3. Minum air putih
Seperti yang diketahui bahwa air putih memiliki banyak manfaat. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup juga dapat membantu menghilangkan rasa mual. Konsumsilah air putih 8 sampai 10 gelas sehari untuk memenuhi cairan yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Minum air jahe
Setelah habis makan cobalah untuk berdiri 10 sampai 20 menit untuk menghindari refluks lambung dan heartburn. Cobalah untuk mengkonsumsi air jahe untuk mengurangi rasa mual karena Jahe bersifat menenangkan pencernaan dan aromanya bisa mengurangi rasa mual.

5. Banyak berdoa kepada Allah SWT
Jika rasa mual tidak tertangani dengan cara cara diatas yang dapat berdampak kurang baik terhadap janin maka cobalah untuk berdoa kepada Allah SWT.
Ada banyak doa yang bisa diamalkan selama hamil dan salah satunya berikut ini
Doa agar janin diberikan kesehatan
Allahummah fazh waladii maa daama fii bathnii. Wasyfihi ma'ii. Anta asy-syaafii laa syifaa 'an illaa syifaa 'uka syifaa 'an laa yughaadiru saqama.

Artinya: "Ya Allah, semoga Engkau lindungi bayiku ini selama ada dalam kandunganku. Berikanlah kesehatan kepadanya bersamaku. Sesungguhnya Engkaulah Maha Penyembuh. Tidak ada kesehatan selain kesehatan yang Engkau berikan, kesehatan yang tidak diakhiri dengan penyakit lain."

Doa agar janin selalu diberikan kekuatan
Bismillahilladziilaailaaha illaa huwal haliimul kariimu rabbil 'arsyil 'azhiim. Laa ilaaha illallaahu rabbus samaawaati wa rabbul'arsyil 'azhiim.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang tiada Tuhan selain Dia, Yang Maha Penyabar, Yang Maha Mulia, Tuhan 'Arsy yang agung. Tiada Tuhan selain Allah, Tuhan semesta langit dan bumi dan Tuhan 'Arsy yang agung."

Tuhanku, jadikanlah ia anak yang saleh yang mau mendoakan orang tuanya, berbakti kepada keduanya, dan taat kepada-Mu

Bunda juga bisa membaca surat Al-Imran ayat 36 yang berbunyi:

???????? ??????????? ??????? ????? ?????? ??????????? ???????? ????????? ???????? ????? ???????? ???????? ????????? ????????????? ? ???????? ???????????? ???????? ???????? ?????????? ???? ??????????????? ???? ???????????? ??????????

Falammaa wa dho'atha qolat robbi innii wa dho'tuha untsaa walloohu 'alamu bima wadhoat walaisadz dzakaru kal unstaa wainnii sammaituha maryama wa innii u'idzuha bika wadzurriyyataha minasy syaitoonirrojiimi.

Artinya:

"Maka tatkala istri Imran melahirkan anaknya, dia pun berkata: 'Ya Tuhanku, sesungguhnya aku melahirkannya anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari setan yang terkutuk". (QS. Al-Imran: 36)