5 Dosa Besar Yang Tercantum Dalam Al Quran

  • 25 January 2022
  • Admin

Dosa adalah hasil dari perbuatan  manusia yang melanggar perintah Allah Subhanahu wa ta’ala. Agama islam mengajarkan , dosa terbagi menjadi dosa besar dan dosa kecil. Dosa besar ini harus dihindari oleh setiap orang  Muslim karena jika kita tidak menghindari dosa besar,kita akan termasuk orang muslim yang ahli neraka.

Di dalam Alquran Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman  Yang Artinya:  “ Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar diantara dosa-dosa yang kamu dilarang mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan Kami memasukkan kamu ke tempat yang mulia (surga)." (QS. An-Nisa : 31)

Jauhilah dosa –dosa besar karena  kita akan mendapatkan keutamaan nya , disebutkan di dalam  alquran  yang artinya:

“(Yaitu) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan keji yang selain dari kesalahan-kesalahan kecil. Sesungguhnya Rabbmu maha luas ampunan-Nya.” (QS. An-Najm: 32).

Kata dari Al-lamam  di dalam ayat diatas (bisa buka versi  arab di QS .An-Najm:32) adalah dosa –dosa kecil. Yang berarti dosa kecil dapat terhapus diantaranya karena menjauhi dosa-dosa besar maupun dosa kecil. Berarti dosa kecil dapat terhapus diantaranya karena menjauhi dosa –dosa besar.  Adapun Pengertian lainnya  adalah dosa yang telah dibuat seseorang baik dosa besar maupun dosa kecil lalu ia bertaubat dari nya. (  (Lihat At-Tashil li Ta’wil At-Tanzil – Tafsir Juz’u Adz-Dzariyat, hlm. 188. Juga lihat Ad-Durr Al-Mantsur fi At-Tafsir bi Al-Ma’tsur, 14:36-41)

 

Berikut 5 dosa besar yang tercantum dalam al quran

1.  Durhaka kepada orang tua

Dari Imam Nawawi di dalam kitab Al-Minhaj Syarh Shahih Muslim (2:77) berkata,  durhaka kepada orang tua adalah segala sesuatu bentuk yang  menyakiti orang tua.”  di kalangan  ulama juga mengatakan bahwa taat kepada orang tua itu wajib dalam segala hal selama bukan dalam maksiat.

Dosa Durhaka kepada orang tua  terdapat di dalam alquran sebagai berikut yang artinya:

“Dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (QS. Al-Isra’: 23)

2.   Meninggalkan sholat 5 waktu

Seorang muslim yang meninggalkan sholat 5 waktu  merupakan orang yang telah melanggar  perintah allah Subhanahu wa ta’ala.   Orang yang meninggalkan sholat disebut juga lalai dan meremehkan  perintah allah ta’ala. Orang seperti ini akan mendapatkan balasan yaitu lembah terdalam di neraka Jahannam.

Dosa meninggalkan sholat 5 waktu terdapat di dalam alquran yaitu artinya:

Allah SWT berfirman: "Maka celakalah bagi orang-orang yang sholat, yang lupa akan sholatnya." (Al-Maun : 4-5)

3.   Dosa Syirik

Syirik adalah memalingkan salah satu ibadah kepada ibadah  kepada selain allah.  Dan orang yang memalingkan  allah disebut Musyrik.

Di dalam al quran  ditunjukkan bahaya syirik  yaitu,  yang artinya

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya.”  (QS. An-Nisa’: 48)

4.       Dosa Sihir

Sihir benar  adanya  seperti yang disebutkan di dalam ayat alquran yang artinya:

“Maka mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang dengan sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan isterinya.”  (QS. Al-Baqarah: 102).

5.       Membunuh Seorang Muslim

Seorang muslim membunuh sesamanya  merupakan dosa yang besar.  Dan pastinya orang yang berbuat seperti itu ia akan masuk ke dalam api neraka. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengatakan kalau membunuh manusia itu diharamkan, terkecuali mempunyai alasan yang dibenarkan allah Subhanahu wa ta'ala yang artinya:

"Dan barangsiapa membunuh seorang mukmin dengan sengaja, maka balasannya adalah Jahannam, ia kekal di dalamnya, Allah murka kepadanya dan mengutuknya serta menyediakan azab yang besar baginya."  (QS. An-Nisa : 93)