5 Keutamaan Ayat Kursi bagi Umat Islam, Apa Saja?

  • 21 July 2021
  • Admin

5 Keutamaan Ayat Kursi bagi Umat Islam, Apa Saja?

Sejumlah hadis menjelaskan tentang keutamaan ayat kursi bagi umat islam. Ayat kursi dapat dibaca sebelum atau setelah melakukan berbagai aktivitas mulai dari pagi hari hingga sore hari.
Dalam surat Al Baqarah ayat 255, Syaifurrahman El-Fati dalam buku yang berjudulkan manfaat dahsyar dzikir asmaul husn menjelaskan, ayat kursi diturunkan setelah hijriah.
Ada beberapa keutamaan dari ayat kursi bagi umat islam yang beberapa diantaranya sebagai berikut.

Mengutip dari buku Tafsir Jalalain dan Ibnu Katsir dalam sebuah hadis sahih dari Rasulullah SAW, Ayat Kursi adalah yang paling utama dalam Al Quran. Imam Ahmad juga menyatakan hal serupa.

Artinya: "Telah menceritakan kepada kami Abdur Razzaq, telah menceritakan kepada kami Sufyan, dari Sa'id Al-Jariri dari Abus Salil dari Abdullah Ibnu Rabah dari Ubay ibnu Ka'b bahwa Nabi SAW pernah bertanya kepadanya, Ayat Kitabullah manakah yang paling agung? Ubay menjawab, "Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui." Nabi SAW mengulang-ulang pertanyaannya, maka Ubay menjawab, "Ayat Kursi." Lalu Nabi SAW bersabda: Selamatlah dengan ilmu yang kamu miliki, hai Abdul Munzir. Demi Tuhan yang jiwaku berada di dalam genggaman kekuasaan-Nya, sesungguhnya Ayat Kursi itu mempunyai lisan dan sepanjang bibir yang selalu menyucikan Tuhan Yang Mahakuasa di dekat pilar Arasy." (HR Muslim).
2. Dimudahkan Masuk Surga
Ustaz Ramdhani dari laman resmi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyampaikan, salah satu keutamaan Ayat Kursi adalah tidak ada yang bisa menghalanginya untuk masuk surga. Ayat Kursi bisa dibaca tiap kali selesai menunaikan sholat fardhu.

Keutamaan ini dijelaskan Nabi Muhammad SAW dalam haditsnya,

??? ???? ???? ???????? ????? ???? ????? ????????? ? ?? ??????? ??? ????? ???????? ? ????? ??????

Artinya: "Barangsiapa membaca ayat kursi setiap selesai shalat wajib, maka tidak ada yang bisa menghalanginya untuk masuk surga kecuali kematian." (HR An Nasa'i).

3. Terhindar dari Setan Hingga Pagi

Riwayat hadits lain menyebutkan, Rasulullah SAW menjelaskan keutamaan Ayat Kursi sebelum tidur. Keutamaan ini diberi Allah SWT penjagaan hingga pagi hari. Berikut haditsnya dari Abu Hurairah,

??? ????? ???????? ????? ????????? ????????? ????? ???????????? ???? ?????????? ?????? ???????? ( ??????? ??? ?????? ?????? ???? ???????? ??????????? ) ??????? ??? ???? ??????? ???????? ???? ??????? ??????? ????? ?????????? ????????? ?????? ????????

Artinya: "... bila engkau akan beranjak ke tempat tidurmu maka bacalah ayat kursi hingga selesai yaitu bacaan 'Allahu laa ilaha illa huwal hayyul qoyyum'. Karena sesungguhnya ia (dapat menjadikanmu) senantiasa mendapatkan penjagaan dari Allah dan setan pun tidak akan mendekatimu hingga pagi hari." (HR. Bukhari)

4. Keagungannya Melebihi Langit dan Bumi

Hadits selanjutnya menyebutkan keutamaan Ayat Kursi selanjutnya. Ayat Kursi mengandung keagungan yang melebihi langit dan bumi, berikut haditsnya,

? ????????? ??????? ?????? ??????? ???? ????????? ????? ??? ?????? ??????? ???? ??????? ????? ?????? ???????? ???? ????? ???????????? ‏.‏ ????? ????????? ?????? ????? ???????????? ???? ??????? ??????? ????????? ??????? ???????? ???? ?????? ??????? ???? ?????????? ??????????

Artinya: Seperti diceritakan Abdullah bin Mas'ud: "Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi (karena di dalam ayat tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah)." Sufyan ats-Tsauri berkata, "Sebab ayat kursi merupakan (salah satu) kalamullah (perkataan Allah), sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi" (HR Tirmidzi).

5. Setara Membaca Seperempat Al-Quran

Dikutip dari buku Tanya Jawab Islam oleh Habib Mumu BSA, dkk, dalam kitab Taisiril Ushul Ila Jami' Ushul Min Hadits Rasul SAW karya seorang ulama besar Asy-Syaikh Abdurrahman Ad-Diba'iy Asy-Syaibani Asy-Syafi'i, diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda:

????? ??????? ??????? ??? ???? ???? ???? ‏ "‏ ??????? ?????? ??????? ??????? ??????? ?????????? ??????? ??????????? ???????? ????? ???? ????????? ??? ?????????? ???? ????? ???????????? ‏"

"Sesungguhnya segala sesuatu pasti memiliki punuk dan punuknya adalah Al Quran adalah surat Al Baqarah dan di dalamnya terdapat penghulu dari ayat-ayat Al Quran yaitu, Ayat Kursi." (HR At Tirmidzi).