5 Manfaat Qurban, Salah satunya menghapus Dosa

  • 31 May 2022
  • Admin

5 manfaat Qurban, Salah satunya menghapus Dosa.  Hari raya idul adha akan segera tiba, hari tersebut merupakan dimana umat muslim melakukan  ibadah qurban bagi yang tidak bs berangkat untuk ibadah haji.m dalam ibadah qurban ini terdapat beberapa manfaat bagi seluruh umat.

 1.       Mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala

Dalam menjalankan ibadah qurban yang dituntut adalah keikhlasan dan ketakwaan,  yang dimana hal yang seperti itu yang bisa menggapai ridha Allah . daging dan darah itu bukanlah yang dituntut, tetapi dari keikhlasan dalam berkurban  bisa membuat kita untuk lebih mendekatkan diri kepada allah subhanahu wa ta'ala . Allah Berfirman ,

Artinya : “Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.” (QS. Al Hajj: 37)

dalam menjalankan ibadah haji , kita mendapatkan perintah untuk selalu  ikhlas , yang buka bertujuan mencari gelas  dan juga sanjungan dari  abu Hurairah, ia pun berkata kalau ia mendengar nabi  Shallallahu alaihi wa sallam berkata

Artinya : “Siapa yang berhaji karena Allah lalu tidak berkata-kata seronok dan tidak berbuat kefasikan maka dia pulang ke negerinya sebagaimana ketika dilahirkan oleh ibunya.” (HR. Bukhari no. 1521).

 Yang berarti  berkurban dan berhaji bukanlah  ajang untuk pamer amalan dan kekayaan , atau riya’  tetapi untuk dapat mendekatkan diri kepada allah Subhanahu wa’ ala

2.       Mengikuti tuntunan Nabi Shallallahu alaihi wasallam

Untuk waktu penyembelihan qurban harus sesuai dengan tuntunan yang di lakukan  selesai shalat idul adha , tidak boleh sebelumnya.  Dan untuk membagikan hasil kurban, tidak diperbolehkan mencari keuntungan seperti dengan menjual kulit ataupun memberi upah pada tukang jagal dari sebagian hasil qurban. Kalau ketentuan diatas dilanggar  karena ketentuan tersebut adalah syarat , hewan yang disembelih tidaklah disebut qurban, tetapi disebut daging biasa.

Al Bara’ bin ‘Azib radhiyallahu ‘anhu menuturkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyampaikan khutbah kepada para sahabat pada hari Idul Adha setelah mengerjakan shalat Idul Adha. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Artinya: “Siapa yang shalat seperti shalat kami dan menyembelih kurban seperti kurban kami, maka ia telah mendapatkan pahala kurban. Barangsiapa yang berkurban sebelum shalat Idul Adha, maka itu hanyalah sembelihan yang ada sebelum shalat dan tidak teranggap sebagai kurban.”

3.       Belajar untuk Sedekah Harta

Perlu kita ingat kalau harta semakin dikeluarkan  ke dalam jalan kebaikan dan juga ketaatan akan semakin berkah. Maka dari itu janganlah pelit dalam bersedekah sebab tidak pernah kita menemukan  orang yang berkurban dan berhaji yang mengorbankan jutaan hartanya menjadi bangkrut.

Nabi Shallallahu alaihi wasallam Bersabda,

“Infaqkanlah hartamu. Janganlah engkau menghitung-hitungnya (menyimpan tanpa mau mensedekahkan). Jika tidak, maka Allah akan menghilangkan berkah rezeki tersebut. Janganlah menghalangi anugerah Allah untukmu. Jika tidak, maka Allah akan menahan anugerah dan kemurahan untukmu.” (HR. Bukhari no. 1433 dan Muslim no. 1029)

4.       Sebagai bentuk Syukur

Dalam ibadah qurban  merupakan suatu bentuk rezeki yang allah titipkan untuk di salurkan kepada orang yang lebih membutuhkan. Selain itu dalam islam juga mengajarkan untuk saling berbagi dan membantu saudara yang membutuhkan.  Bukan hanya itu , berkurban juga bisa dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur atas rezeki yang berlimpah dan diberikan Allah sehingga  mampu menyalurkannya untuk orang.

5.       Sebagai penghapus dosa

Untuk hal ini belum ada dalil yang shahih yang mengatakan kalau ibadah sebagai penghapus dosa. Tetapi kalau kita menjalankan ibadah qurban insya allah kita akan mendapatkan pahala dari ibadah yang kita lakukan dengan atas ridha Allah Subhanahu wa ta'ala. dengan pahala yang didapatkan dalam ibadah qurban, maka insya allah pahala itu yang akan menghapus dosa dosa Shohibul qurban.