5 Tips Aman Mudik Pakai Motor Jelang Lebaran

  • 10 May 2022
  • Admin

5 tips Aman Mudik Pakai Motor jelang lebaran. Di dalam tradisi mudik lebaran  masyarakat indonesia sebagian besar memilih menggunakan sepeda motor. Diketahui melalui hasil survei dari  badan litbang ( balitbang) kementerian perhubungan (kemenhub )  memberikan perkiraan pemudik yang memakai sepeda motor bisa sampai 17 juta orang.

Kala saja kalian yang ingin mudik dan memiliki rencana untuk mudik dengan memakai sepeda motor , kalain jangan pernah lupa untuk  beristirahat saat tubuh kalian merasa lelah. Sehingga perjalanan akan tetap aman dan nyaman sampai tempat tujuan atau kampung halaman dengan selamat. Berikut ini terdapat 5 tips aman mudik pakai sepeda motor  jelang lebaran:

1.   Selalu Istirahat maksimal 2,5 jam

Untuk kalian para pemudik yang memakai kendaraan sepeda motor disarankan untuk melakukan istirahat setelah kalian menempuh perjalanan selama maksimal 2,5 jam. Kalau untuk pengendara memaksakan diri untuk meneruskan perjalanan  dalam kondisi lelah maka konsentrasi dan fokus bisa menjadi turun. Bukan malah cepat sampai tujuan, tetapi malah justru dapat membahayakan keselamatan diri.

“ disaat kita mencapai waktu tersebut kondisi tubuh  secara umum akan merasa lelah, dan membutuhkan istirahat supaya kembali fit dan optimal.

2.   Istirahat minimal 15 menit

Untuk waktu istirahat yang sebaiknya minimal 15 menit. Kalau tidak melaksanakan puasa . kalian para pemudik untuk mengkonsumsi air mineral supaya tubuh tidak kekurangan cairan (dehidrasi). Supaya tubuh tetap  fit , maka minimal waktu istirahat adalah 15 menit atau lebih , minum air mineral supaya tubuh tidak dehidrasi,

3.   Melakukan Peregangan

Pemudik yang memakai sepeda motor disarankan untuk selalu melakukan peregangan badan. Selama perjalanan menggunakan sepeda motor akan banyak bagian tubuh yang menekuk yaitu tangan dan kaki. Dengan melakukan peregangan badan, bisa membuat aliran darah di dalam tubuh kembali lancar.

Disaat aliran darah lancar, secara otomatis oksigen yang akan dihasilkan ke otak kita jadi penuh. Kalau oksigen penuh maka disaat mengendarai motor kalian akan lebih fokus dan konsentrasi.

4.   Pilihlah tempat istirahat yang nyaman dan aman.

Diwaktu ingin istirahat kalian harus selalu berhati –hati dan pilihlah tempat istirahat yang ramai penduduk dan  pastinya aman, saat beristirahat.  Disarankan untuk memilih tempat istirahat  di kedai makanan atau di masjid yang  ramai penduduknya. Atau yang paling aman dan nyaman adalah pemudik yang berkendara dengan motor melakukan istirahat di posko mudik yang digelar oleh instansi pemerintah atau perusahaan yang digelar sepanjang jalur mudik.

Kalian bisa memanfaatkan fasilitas tersebut karena pastinya dijamin aman dan nyaman. Tidak jarang para penyelenggara posko mudik akan menawarkan fasilitas pijat untuk mengurangi rasa lelah pengemudi motor.

Seperti dahulu yang biasanya menyelenggarakan pos-pos mudik dari perusahaan-perusahaan sepeda motor dengan membuat fasilitas yang membuat istirahat akan jauh lebih menyenangkan.

5.   Rencanakan Lokasi istirahat

Disaat bepergian dengan jarak yang jauh tentunya akan membutuhkan pemetaan perjalanan yang matang, di dalam pemetaan perjalanan tersebut sudah terdapat pemilihan tempat istirahatnya juga..  disaat kalian sudah menentukan dan mengetahui lokasi istirahat, maka kalian tidak diperlukan lagi untuk mencari-cari dengan acak selama perjalanan. Jadi kalian para pemudik bisa selalu fokus dalam berkendara.

Para pengemudi perlu juga mengetahui durasi perjalanan., rute jalan , tempat shalat dan tempat mengisi bahan bakar.

 Itulah 5 tips Aman Mudik pakai Motor jelang lebaran , semoga bermanfaat.