5 tips mengatur keuangan dalam islam

  • 09 August 2021
  • Admin

5 tips mengatur keuangan dalam islam - Mengatur sistem keuangan sudah menjadi hal yang dilakukan oleh banyak orang dalam menjaga agar keuangan rumah tangga dapat terkelolah dengan baik sehingga keuangan tetap stabil. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan dalam mengatur sistem keuangan rumah tangga agar sistem keuangan dalam rumah tangga dapat selalu terjaga.

Berikut beberapa tips mengatur keuangan dalam islam agar menjadi semakin berkah

1. Membelanjakan uang dengan sederhana

Membelanjakan uang dengan sederhana bisa menjadi salah stau cara terbaik untuk mengelola keuangan agar tidak memiliki pengeluaran yang berlebihan. Dengan memastikan segala pengeluaran dengan kebutuhan bukan hanya sebagai keinginan semata.

2. Buat skala prioritas pengeluaran

Membuat skala prioritas pengeluaran dalam arti mendahulukan mana keperluan yang benar benar diperlukan terlebih dahulu dengan mana keperluan pelengkap semata. Anda bisa membeli keperluan yang benar benar anda butuhkan saja terlebih dahulu, sementara untuk keperluan lainnya bisa anda beli saat sistem keuangan anda sudah mendukung.

3. Perbanyak sedekah

Dengan melakukan sedekah anda sudah menebar kebaikan dan melalui bersedekah, insyaallah harta yang akan anda keluarkan lebih. Bersedekah tentu jauh lebih baik dibandingkan dengan berfoya foya dengan sesuatu yang tidak bermanfaat. 

4. Hindari hutang

Sebisa mungkin cobalah untuk menghindari hutang karena dengan berhutang akan membuat anda melakukan pengeluaran yang besar di kemudian hari. Hindarilah membeli barang barang yang tidak begitu dibutuhkan dengan cara menghutang karena kelak hal tersebut hanya akan membuat anda merasa kesulitan dalam melunasinya.

5. Sisihkan untuk ditabung

Jangan lupa untuk menyisihkan sedikit uang anda untuk menabung karena uang tabungan anda suatu hari nanti akan benar benar bermanfaat disaat sistem keuangan anda sedang tidak baik. anda bisa menyisihkan semampu anda saja dan usahakan anda menabung dengan cara yang stabil.

Nah itulah 5 tips mengatur keuangan dalam islam dan semoga dengan apa yang dijelaskan di atas dapat membantu anda untuk mengolah sistem keuangan di dalam rumah tangga anda agar kedepannya terus stabil dan mencukupi segala keperluan anda.