6 Kedudukan Anak dalam Islam

  • 28 July 2021
  • Admin

Anak adalah seorang baik berjenis kelamin lelaki maupun perempuan yang memiliki usia belum dewasa atau belum mengalami masa pubertas. Peran seorang anak dalam kehidupan adalah sebagai generasi penerus dari kedua orang tuanya, dan berdasarkan pandangan agama islam, anda memiliki 6 kedudukan dalam ajaran islam, apa saja itu.? Simak penjelasan berikut. 

6 Kedudukan Anak dalam Islam
1. Amanah dari Allah SWT
Anak adalah amanah dari Allah SWT yang dititipkan kepada orang tuanya. Untuk itu, anak harus dijaga dan dipelihara dengan baik agar dapat tumbuh dan berkembang, baik secara jasmani maupun rohani. Setiap manusia diciptakan untuk menjadi hamba-Nya.
Allah SWT berfirman dalam QS. Az-Zariyat ayat 56 sebagai berikut:

????? ???????? ???????? ??????????? ?????? ?????????????? - ??

Artinya: "Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku." (QS. Az-Zariyat: 56)
Ibnu Qayyim al-Jauziyyah menegaskan, kelak Allah SWT akan meminta pertanggungjawaban orang tua tentang amanah yang diberikan itu. Apakah amanah tersebut ditunaikan dengan baik atau tidak.

2. Anugerah dan nikmat dari Allah SWT
Anak merupakan anugerah dan nikmat yang berasal dari Allah SWT. Kehadiran anak dapat memberikan kebahagiaan bagi orang tuanya. Sebagaimana firman-Nya dalam QS. asy-Syura ayat 49-50 sebagai berikut:

??????? ?????? ??????????? ???????????? ???????? ??? ???????? ??????? ?????? ????????? ???????? ????????? ?????? ????????? ??????????? ? - ?? ???? ????????????? ?????????? ??????????? ??????????? ???? ????????? ????????? ???????? ???????? ???????? - ??

Artinya: "Milik Allah-lah kerajaan langit dan bumi; Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki, memberikan anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan anak laki-laki kepada siapa yang Dia kehendaki, atau Dia menganugerahkan jenis laki-laki dan perempuan, dan menjadikan mandul siapa yang Dia kehendaki. Dia Maha Mengetahui, Mahakuasa." (QS. asy-Syura: 49-50)

3. Ujian dan cobaan
Selain sebagai anugerah dan nikmat dari Allah SWT, anak juga menjadi ujian dan cobaan bagi orang tuanya. Hal ini ditegaskan dalam QS. At-Taghabun ayat 15.

????????? ????????????? ??????????????? ???????? ?????????? ????????? ?????? ???????? - ??

Artinya: "Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu), dan di sisi Allah pahala yang besar." (QS. At-Taghabun: 15)
Anak dapat membuat orang tua menjadi angkuh dan tidak mensyukuri nikmat Allah. Terkadang mereka merasa bangga dan paling tinggi dari orang lain.

4. Penerus garis keturunan
Anak merupakan keturunan dari orang tua. Kelahirannya menjadi penerus cita-cita hidup dan kelestarian garis keturunan dari orang tuanya. Maka dari itu, penting bagi orang tua untuk mendidik anak dengan baik.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al Baqarah ayat 133:

???? ???????? ?????????? ???? ?????? ?????????? ?????????? ???? ????? ?????????? ??? ???????????? ????? ????????? ???????? ???????? ???????? ???????? ??????????? ?????????? ?????????????? ?????????? ??????? ?????????? ???????? ???? ???????????? - ???

Artinya: "Apakah kamu menjadi saksi saat maut akan menjemput Yakub, ketika dia berkata kepada anak-anaknya, "Apa yang kamu sembah sepeninggalku?" Mereka menjawab, "Kami akan menyembah Tuhanmu dan Tuhan nenek moyangmu yaitu Ibrahim, Ismail dan Ishak, (yaitu) Tuhan Yang Maha Esa dan kami (hanya) berserah diri kepada-Nya." (QS. Al Baqarah: 133)

5. Pelestari pahala orang tua
Anak sholeh adalah anak yang sikap dan perilakunya mencerminkan keimanan dan keislaman. Anak sholeh memiliki ketaatan dan kepasrahan terhadap hukum-hukum Allah SWT dan rasul-Nya. Ia juga memberikan manfaat bagi sesama. Keshalehan itulah yang akan menjamin terkabulnya doa untuk kedua orang tua.

Disebutkan dalam sebuah hadits riwayat Muslim yang bersumber dari Abu Hurairah ra.

?? ??? ????? ??? ???? ???: ?? ????? ??? ???? ???? ???? ???: ???? ????? ??????????? ????????? ???????? ????? ???? ?????????: ?????? ???? ???????? ?????????? ???? ?????? ?????????? ????? ???? ?????? ??????? ??????? ????

Artinya: "Dari Abu Hurairah ra. berkata: Rasulullah bersabda: "Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya." (HR. Muslim)

6. Makhluk independen
Anak adalah ciptaan Allah SWT yang memiliki takdirnya sendiri. Ia berdiri sendiri, terlepas dari paksaan dari individu lain termasuk orang tuanya.
Setiap manusia yang lahir di dunia akan mempertanggungjawabkan seluruh perbuatannya sendiri. Sebagaimana ditegaskan oleh Allah SWT dalam QS. an-Najm ayat 39-41 sebagai berikut:

?????? ??????? ????????????? ?????? ??? ?????? - ?? ??????? ???????? ?????? ?????? - ?? ????? ????????? ??????????? ??????????? - ??

Artinya: "dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya, dan sesungguhnya usahanya itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya), kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna," (QS. an-Najm: 39-41)