6 Manfaat Baik Buah Kurma Jadi Kudapan Awal Berbuka

  • 21 April 2022
  • Admin

 

6 Manfaat baik buah kurma jadi kudapan awal berbuka buah kurma merupakan buah yang menjadi favorit Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam.  di dalam buah kurma terdapat begitu banyak manfaatnya, yang biasanya di bulan puasa ramadhan alam selalu ada di setiap rumah-rumah  dan juga Menjadi sunnah Rasul.

Kurma memiliki begitu manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh  sebab terdapat kandungan vitamin,zat besi, sampai kalsium yang dibutuhkan pada tubuh disaat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Berikut ini 6 manfaat baik buah kurma jadi kudapan awal berbuka puasa di bulan ramadhan.

1.   Mengurangi Rasa Haus

Kurma umumnya sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa dan manfaat buah kurma juga baik untuk dimakan disaat sahur. Kandungan mineral pada buah kurma yang cukup tinggi tidak merasakan haus lebih cepat  disaat menjalankan ibadah puasa.

Disaat sahur disarankan untuk  mengkonsumsi tiga butir buah kurma, seperti yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam.

2.   Mengurangi rasa Lapar

Buah kurma memiliki kandungan serat  dan juga kandungan gula yang begitu tinggi yang bisa membuat perut kalian lebih cepat merasakan kenyang.

Kalau buah kurma  dikonsumsi pada saat berbuka puasa , hal tersebut menjadi baik dalam mengurangi asupan kalori yang berlebih pada waktu berbuka

Pada saat sahur pun kurma bagus untuk dikonsumsi karena buah kurma juga mengandung glukosa  lambat lepas ini, baik sebagai cadangan energi saat menjalankan puasa

Perlu diingat dalam berbuka dan sahur jangan berlebihan , cukup tiga saja supaya tubuh kalian tidak berlebih gula..

3.   Mempercepat pemulihan stamina energi]

Di dalam berbuka puasa biasanya kita disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang paling mudah dicerna oleh lambung. Maka dari itu buah kurma merupakan pilihan makanan yang tepat untuk pencernaan. Sebab buah kurma memiliki kandungan yang begitu banyak nutrisi yang lebih cepat dicerna tubuh maka dari itu mengkonsumsi kurma sangatlah baik.

Tubuh kita  akan kehabisan energi dan membutuhkan asupan kalori sebagai  suatu bahan bakar energi yang cepat  diserap pada tubuh .


4.   Menjaga pencernaan

Di dalam buah kurma ternyata perlu kita ketahui memiliki kandungan serat yang tinggi, dengan itu sangat bagus untuk saluran pencernaan , yang paling utama kalau saja kita sering mengalami sembelit maka bisa mengkonsumsi kurma.

Jika kalian ada yang sedang mendalami diet, makan buah kurma bisa membantu.untuk menurunkan nafsu makan ,  oleh begitu kita akan merasakan kenyang disaat mengkonsumsi sebaiknya minimal 3 butir buah kurma

5.   Mempersiapkan Pencernaan

Sebelum memakan makanan berserat disaat berbuka puasa  maka disarankan memakan kurma tiga butir sebab kurma bisa membantu lambung supaya tidak kaget. Lambung yang kaget disebabkan kondisi perut yang kosong selama berbuka.

Penyakit lambung  atau pencernaan.  Disaat berbuka puasa  langsung mengkonsumsi makanan berat , karena  sangat berbahaya yang bisa menaikkan asam lambung dan membuat lambung perih.

6.   Sumber energi cadangan.

Disaat menjalankan ibadah puasa dan memiliki kegiatan yang padat  akan lebih cenderung kurangnya asupan nutrisi. Maka dari itu adanya perubahan pola makan yang biasa nya memakan makanan sehari 3x4   kali dan disaat bulan puasa hanya bisa makan pada saat berbuka dan juga sahur.

Kandungan glukosa yang berada di dalam buah kurma yang bisa diberikan kalori yang cukup sebagai bahan bakar  energi tambahan pada tubuh.  Energi ini memiliki kegunaan untuk kalian yang memiliki aktivitas seharian .

Demikian 6 manfaat baik buah kurma jadi kudapan awal berbuka, semoga bermanfaat