6 Masalah Kesehatan Saat Puasa Yang Sering Muncul

  • 20 April 2022
  • Admin

 

Umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa , akan selalu aja ada permasalahannya, yang membuat mereka ragu-ragu akan berpuasa atau tidak. Gangguan kesehatan pada tubuh kita bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti kurang asupan makanan dan minuman, istirahat kurang yang tidak kalah pentingnya yaitu pola makan yang tidak sehat.

Kita perlu mengetahui hal yang seperti ini, pemilihan makanan ketika berbuka dan sahur itu bisa mempengaruhi keadaan tubuh saat menjalankan ibadah puasa,  dan juga pola hidup sehat  pada bulan suci ramadhan bisa juga berpengaruh terhadap kondisi fisik  serta menjauhkan kita dari berbagai masalah kesehatan.

Berikut masalah kesehatan saat puasa yang sering muncul , supaya kalian bisa mengetahui langkah pencegahan jika sudah mengetahui masalah yang sering muncul saat puasa.

SAKIT KEPALA

Masalah yang pertama ini merupakan masalah yang sering sekali muncul saat awal –awal menjalankan puasa ramadhan yaitu sakit kepala.  Sakit kepala  sering sekali muncul pada kebanyakan orang , hal ini memiliki penyebab yang berbeda –beda. Tetapi jika disaat kita baru pertama kali puasa maka kita mengalami sakit kepala maka sakit kepala tersebut bisa kita simpulkan  karena dehidrasi, pola istirahat yang kurang teratur, dan kelelahan di bulan ramadhan.

Pola tidur dan waktu istirahat yang tidak teratur   lebih sering orang yang lagi berpuasa akan mengalami sakit kepala. Maka dari itu kalian seharusnya untuk memenuhi kebutuhan waktu tidur dan istirahat di malam hari dengan cukup. Dan perlunya menyeimbangkan asupan makanan yang bergizi .

ASAM LAMBUNG NAIK

Masalah kesehatan yang berikutnya adalah Asam Lambung Naik . asam lambung naik juga sangat sering muncul saat berpuasa. Gangguan ini akan muncul yang disebabkan oleh kondisi perut dalam keadaan kosong, yang menyebabkan asam lambung secara otomatis akan naik. Asam lambung naik bisa menjadi parah kalau kalian melewatkan waktu makan sahur.  Bukan hanya itu saja, tetapi kalian juga bisa terkena asam lambung naik kalau saja saat setelah makan sahur langsung beranjak tidur.

MUAL

Masalah yang satu ini yaitu Mual. Yang munculnya bersamaan dengan masalah yang lainnya yaitu dehidrasi atau asam lambung naik.  Jika kalian mengalami dehidrasi kalian juga akan mengalami Mual begitupun kalau mengalami asam Lambung Naik maka masalah mual juga akan muncul juga.

Maka dari itu  saat berbuka puasa minumlah air putih yang cukup atau banyak supaya bisa meredakan rasa mual yang dialami.  Saat mengkonsumsi makanan, makanlah makanan yang mudah dicerna oleh tubuh yang nantinya bisa membantu pencernaan terasa lebih nyaman dan lancar.

 

RADANG TENGGOROKAN

Radang tenggorokan juga sering sekali muncul saat menjalankan ibadah puasa, penyebabnya kurangnya asupan cairan  yang akhirnya akan menimbulkan tenggorokan cenderung menjadi kering. Masalah ini bisa kalian mengatasinya dengan meminum air yang cukup pada saat berbuka puasa dan yang paling penting pastikan untuk menghindari konsumsi makanan yang digoreng dan terlalu manis dalam jumlah yang banyak.

DIARE

Masalah yang sering muncul berikutnya adalah Diare . Diare  merupakan masalah yang tentunya sangat mengganggu kegiatan aktivitas kita sehari hari dan bisa juga mempengaruhi produktivitas kalian. Apalagi disaat kalian lagi menjalankan ibadah puasa. Tentunya dengan masalah diare ini kalian akan semakin tersiksa. Penyebab diare ini umumnya karena makanan yang dikonsumsi ada yang salah  saat berbuka dan sahur  .

Kurangilah mengkonsumsi makanan yang pedas saat berbuka dan sahur  supaya diare tidak muncul pada kalian.

DEHIDRASI

Dehidrasi merupakan masalah kesehatan yang muncul disaat puasa,karena kalian menjalankan ibadah puasa dan saat berbuka dan sahur kalian kurang minum air putih,maka keesokan harinya disaat menjalankan ibadah puasa, kalian akan terkena masalah kesehatan Dehidrasi  yang membuat badan lemas, kurang bersemangat .

Banyaknya kegiatan disaat menjalankan ibadah  bisa juga kalian akan terkena Dehidrasi walaupun kalian sudah minum dengan cukup , karena disaat kegiatan yang begitu banyak cairan pada tubuh akan lebih cepat berkurang.

Maka dari itu kalian perlunya mengatur pola makan pada malam hari setelah berbuka sampai waktu sahur.  Kalian juga perlu memenuhi asupan cairan pada tubuh secara teratur.

Demikian 6 masalah kesehatan saat puasa yang sering muncul . semoga bermanfaat.