6 Olahraga Yang Dianjurkan Rasulullah

  • 23 August 2022
  • Admin

6 olahraga yang dianjurkan rasulullah. Olahraga merupakan kegiatan dalam menggerakkan badan dengan tujuan supaya tubuh kita yang tadinya kaku menjadi lemas dan juga tubuh bisa menjadi sehat. Karena kita ketahui kalau sehat itu nikmat.

Di dalam suatu hadits disebutkan :

”Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang”. (HR. Bukhari no. 6412, dari Ibnu ‘Abbas).

 Di dalam hadits lainnya juga disebutkan

“Tidak mengapa seseorang itu kaya asalkan bertakwa. Sehat bagi orang yang bertakwa itu lebih baik dari kaya. Dan hati yang bahagia adalah bagian dari nikmat.” (HR. Ibnu Majah no. 2141 dan Ahmad 4/69, shahih kata Syaikh Al Albani)

Di dalam kita melakukan olah raga pun kita diwajibkan untuk mengingat waktu , karena waktu dalam sehari kita itu tidak untuk berolahraga saja. Kalian perlulah membagi masing-masing waktunya,  janganlah terlalu berlebihan.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyetujui nasehat Salman kepada Abu Darda’:

“Sesungguhnya bagi Rabbmu ada hak, bagi dirimu ada hak, dan bagi keluargamu juga ada hak. Maka penuhilah masing-masing hak tersebut.“ (HR. Bukhari, no. 1968)

Adapun olahraga yang dianjurkan oleh rasulullah Shallallahu alaihi wasallam Sebagai berikut

1.   GULAT

Kalian bisa jadi terkejut dan tidak mengira kalau Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam  menyukai olah raga Gulat.  Disebutkan di dalam Kitab Sirah nabawiyah Ibnu Hisyam , Tahqiq al-Halabi, 1.390-391. Pada kitab ini disebutkan diriwayatkan Ibnu Ishaq, kalau  Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam  pernah menantang gulat seorang laki-laki paling kuat dari suku Quraisy yang bernama Rukanah bin Abdu Yazid bin Hisyam bin Abdul Muthalib bin Abdu Manaf al-Muthalibi.

Salah satu yang menjadi kesepakatan dalam pertarungan gulat tersebut yaitu, apabila Rasul menang Rukanah akan dengan suka rela masuk Islam. Dan benar saja, meski Rukanah terkenal dengan dengan kekuatannya, namun Rukanah justru tidak berdaya saat melawan Nabi. Bahkan diriwayatkan jika pertandingan tersebut hingga diulang dua atau tiga kali.

2.   BERENANG

Sebuah hadits menyebutkan ,

dari Jabir bin Abdillah, bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam  bersabda, “ Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan. Kecuali empat perkara, yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan berenang.” (HR. An-Nasa’i)

3.   JALAN CEPAT

Dijelaskan di dalam hadits kalau rasulullah berjalan seperti berjalan d jalan yang menurun , dan ketika itu para sahabat bersusah pasha untuk mengikuti langkah beliau berikut bunyi hadist nya

“Tiada satu pun kulihat lebih indah daripada Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam  seolah-olah mentari beredar di wajahnya. Juga tiada seorang pun yang kulihat lebih cepat jalannya daripada Rasulullah SAW seolah-olah bumi ini dilipat untuknya. Sungguh, kami harus bersusah payah melakukan hal itu, sedang Rasulullah tidak mempedulikannya.” (HR. Tirmidzi)

4.   LARI

Dari Aisyah mengatakan apabila, “Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam  bertanding denganku dan aku menang. Kemudian aku berhenti, sehingga ketika badanku menjadi agak gemuk, Rasulullah SAW bertanding lagi denganku dan ia menang.” (HR. Ahmad dan Abu Daud)

5.   MEMANAH

Allah Ta’ala berfirman:

“Dan bersiap-siaplah kamu untuk menghadapi mereka (musuh) dengan kekuatan yang kamu sanggup…” (Al-Anfal ayat 60)

Arti dari ‘kekuatan’ yang ada pada surat tersebut lalu ditafsirkan oleh Rasulullah yaitu:

“Ketahuilah bahwa yang dimaksud ‘kekuatan’ itu adalah memanah, beliau ucapkan kata-kata itu hingga tiga kali.” (HR. Muslim)

6.   BERKUDA

Dari hadist riwayat Ahmad, menyebutkan jika Umar pernah berkata, “Ajarkanlah anak-anakmu berenang dan memanah, dan perintahkanlah mereka supaya melompat di atas punggung kuda.”