6 Tujuan Menikah dalam Islam

  • 05 August 2021
  • Admin

6 Tujuan Menikah dalam Islam - Melangsungkan pernikahan adalah sebuah cara yang dilakukan banyak orang untuk mengesahkan sebuah hubungan yang dijalani oleh sepasang kekasih yang saling sayang dan menyayangi. Dalam ajaran islam melakukan sebuah pernikahan adalah suatu hal yang dianjurkan untuk dilakukan untuk menghindari adanya perbuatan perbuatan dosa zina.

Adapun beberapa tujuan dari melangsungkan sebuah pernikahan dalam islam dan salah satunya seperti

1. Membentengi Akhlak

Tujuan pertama melangsungkan pernikahan dalam islam adalah untuk membentengi akhlak dari  perbuatan tak terpuji. Maka dari itu islam menganjurkan untuk melakukan pernikahan bagi sepasang muda mudinya.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Wahai para pemuda! Barangsiapa di antara kalian berkemampuan untuk menikah, maka menikahlah, karena nikah itu lebih menundukkan pandangan, dan lebih membentengi farji (kemaluan). Dan barangsiapa yang tidak mampu, maka hendaklah ia shaum (puasa), karena shaum itu dapat membentengi dirinya.” (HR. Ahmad).

2. Mendapat Ketenangan

Kasih sayang dari seseorang yang kita cintai tentu dapat menciptakan kenyamanan dan ketenangan jiwa.

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (QS. Ar-Rum: 21).

3. Penyempurna Setengah Agama

Salah satu cara menyempurnakan ibadah adalah dengan melakukannya bersama sama dengan pasangan suami isteri.

Sesuai dengan hadis Nabi:

“Barangsiapa menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh ibadahnya (agamanya). Dan hendaklah ia bertakwa kepada Allah SWT dalam memelihara yang sebagian sisanya.” (HR. Thabrani dan Hakim)

4. Mendapatkan Keturunan yang Saleh

Tujuan lain dari melangsungkan sebuah pernikahan adalah agar mendapatkan keturunan yang saleh.

“Allah menjadikan bagi kamu isteri-isteri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari isteri-isteri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu rezeki dari yang baik-baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah?” (QS. An-Nahl: 72)

5. Upaya Meningkatkan Ibadah kepada Allah

Islam melihat, berkeluarga adalah jalan yang tepat untuk meningkatkan ibadah kepada Allah.

Pasalnya, ada banyak amalan yang dapat dilakukan oleh sepasang suami istri.

Bahkan, bermesraan dan berbakti kepada pasangan pun akan bernilai kebaikan di hadapan Allah.

6. Sumber Pahala 

Bila allah menghendaki maka kedua pasangan yang telah menjalin hubungan rumah tangga akan mendapatkan anugerah seorang anak dan anak adalah sumber pahala terbesar bagi kedua orang tuanya.

Oleh sebab itu sebagai orang tua penting halnya untuk mendidik anak agar nantinya tumbuh menjadi sosok yang shaleh.

Ada sebuah hadis yang menyebut, doa anak saleh pada orang tuanya akan terus mengalir dan tak akan terputus.

“Jika manusia itu mati, maka akan putus amalannya kecuali dari tiga perkara: [1] sedekah jariyah, [2] ilmu yang diambil manfaatnya, [3] anak sholih yang mendo’akan orang tuanya.” (HR. Muslim no. 1631)