7 Doa untuk Anak agar Soleh, Pintar, dan Berkah

  • 07 September 2021
  • Admin

7 Doa untuk Anak agar Soleh, Pintar, dan Berkah, Anak adalah anugrah yang dititipkan oleh Allah SWT kepada para pasangan yang telah melangsungkan pernikahan atau rumah tangga. Sebagai orang tua tentunya pasti mereka ingin jika anak anak mereka tumbuh menjadi anak yang soleh pintar dan juga berkah. 

Maka dari itu terlebih, doa orang tua adalah doa yang mustajab, sebagaimana hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah. Untuk itu, penting bagi orang tua untuk memilih doa untuk anak yang tepat dan berarti paling baik untuk dipanjatkan.

Nabi telah mencontohkan untuk mendoakan keluarga, tak terkecuali anak-anak mereka. Berikut beberapa doa yang sering dipanjatkan oleh para Nabi kepada para anak anaknya.

Doa Rasulullah untuk Hasan dan Husein cucunya, agar diberikan perlindungan oleh Allah.

"Uiidzu hu bikalimaatillahit taammati min kulli syaithobiw wahaammatiw wamin kulli 'ainil laammah."

Artinya: "Aku memohon perlindungan baginya (sebutkan nama anak) dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari semua godaan setan dan binatang pengganggu serta dari pandangan mata buruk." (HR. Abu Daud)

Doa Nabi Zakaria agar diberi anak yang baik.

"Robbiy habliy mil ladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka sami’ud du’a’."

Artinya: "Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa." (QS.Al Furqon: 38)

Doa Nabi Ibrahim untuk anak dan cucunya.

"Robbij'alniy muqimash sholati wa min dzurriyyati robbana wa taqobbal du'a'."

Artinya: "Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku" (QS.Ibrahim: 40)

Doa untuk anak agar beriman dan bertakwa.

"Robbana hablana min azwajina wa dzurriyyatina qurrota a’yun waj ‘alna lil muttaqiina imama"

Artinya: "Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa" (QS.Al-Furqon : 74)

Doa untuk anak agar berbakti pada orangtua dan taat pada Allah.

"Allahumma barikliy fii awladiy, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho'atik, war zuqniy birrohum."

Artinya: "Ya Allah berilah barokah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepadaMu dan karuniakanlah hamba rejeki berupa bakti mereka."

Doa untuk anak agar sehat dan cerdas.

"Allahummaj'alhu shohiihan kaamilan, wa ‘aqilan haadziqon, wa 'aaliman 'amilan"

Artinya : "Ya Allah, jadikanlah ia anak yang sehat sempurna, berakal cerdas, dan berilmu lagi beramal."

Doa untuk anak agar mendapat keberkahan.

"Allahumma ashlih lana fi aimmatina wa jamaa’atina wa ahlina wadzurriyyatina wa amwaalina wafiimaa razaqtana wa baariklana fiihim fid dunya wal aakhiroh."

Artinya: "Ya Allah perbaikilah untuk kami di dalam imam-imam kami, jama'ah kami, keluarga kami, istri-istri kami, anak-anak turun kami, harta-harta kami dan di dalam apa-apa (rizqi) yang engkau berikan kepada kami dan berilah kami kebarokahan dalam urusan mereka di dunia dan akhirat."