7 Rekomendasi Wisata Religi di Pulau Lombok

  • 21 July 2022
  • Admin

7 Rekomendasi Wisata Religi di Pulau Lombok.  Lombok memiliki pariwisata alam yang sudah tidak diragukan lagi, keindahan alam gunung rinjani , air terjun dan pantai nya sangat menarik para wisatawan lokal maupun domestic, apalagi wisatawan mancanegara. Selain itu perlu kita ketahui  kalau Lombok juga merupakan pulau yang dimana nuansa religi nya  sudah mulai banyak yang berkunjung ke pulau Lombok.

Terdapat berbagai wisata religi yang bisa memberikan rasa tenang nyaman kepada para wisatawan. Dari beberapa banyak wisata religi yang ada di Lombok disini kita akan memberikan 7 rekomendasi Wisata  Religi di pulau Lombok yang wajib kalian kunjungi ketika ke lombok.

1.   Makam Batu Layar

Makan ini diyakini sebagai makam seseorang dari keturunan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. tetapi dari keterangan yang lain ada yang menyebut kalau makan ini adalah makam dari seorang tokoh  muslim  yang bernama  Sayid Duhri Al Haddad Al Hadrami.  Beliau ini seorang ulama yang dikenal menyebarkan agama islam di tanah Lombok dan beliau berkembangsaan Baghdad.

2.   Makam Wali Nyatok

Diketahui wali nyantok adalah seorang pemuka agama yang memiliki keturunan dari arab. Dan beliau mempunyai nama yang banyak. Tetapi yang paling dikenal dari masyarakat Lombok adalah Sayid Abdullah.

Kalau kalian para pembaca ingin mengunjungi Makam wali Nyantok , disarankan untuk dating di hari rabu. Sebab masyarakat sekitar mempercayai kalau makan dari wali Nyatok hanya dibuka dan boleh dikunjungi di hari rabu saja.

3.   Masjid Agung Praya

Masjid ini mempunyai style  modern arsitektur yang dimana dindingnya  memiliki mofit berwarna putih dan kombinasi biru tua di bagian kubahnya.masjid yang berdiri dua lantai ini adalah salah satu masjid terbesar di Lombok , karena mampu menampung sampai 10.000 jamaah.

Masjid agung praya didirikan di tahun 1979. Dahulu masjid ini hanya sebuah mushola kecil yang berada di sekitaran lahan bekas perkebunan tebu.

4.   Masjid Nurul bilad

Masjid ini termasuk  masjid terbesar di Lombok , yang mempunyai bangunan dua lantai dan luas tanah nya 7.200 meter persegi dan  bisa menampung jamaah sekitar 1500 orang.

Dengan adanya Mandalika menjadi salah satu destinasi wisata yang favorit  di Indonesia , karena keberadaan masjid ini menjadikan penyempurna untuk para wisatawan yang berkunjung di kota ini , terutama wisatawan yang beragama muslim.

5.   Masjid Agung Al- Mujahidin

Masjid agung al-Mujahidin ini   terlihat pada bangunannya  begitu asri yang dimana memiliki kombinasi warna putih, ungu, dan juga orange di bagian tubuh bangunan dan hijau yang melapisi Kubah. Masjid ini memiliki bentuk yang unik dengan bangunan  yang memakai pola ceruk terbuka di bagian tertentu dan konstruksi pada tangga di sudut menjadikan aksen unik pada masjid ini.

6.   Masjid Agung AL-Kautsari Al-Aziziyah.

Masjid ini memiliki keunikan  yang dimakan kubahnya berbentuk bulat dan mengerucut dengan dibalut warna putih cerah beraksen garis diagonal biru. Selain itu juga pada masjid ini memiliki dua menara yang  tingginya mencapai 27 meter .  menara ini dikatakan memiliki makna dua warisan Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam. yaitu alquran dan juga al hadits.

7.   Masjid  Hubbul Wathan  Islamic Center Lombok

Masjid ini adalah  Ikon religi baru di Pulau Lombok. Masjid ini di bangun diatas tanah seluas 74.749 meter persegi dan terletak di Islamic Center NTB. Dengan luas segitu masjid ini bisa menampung Jamaah sampai 15.000 . jamaah .

Demikian ulasan 7 Rekomendasi Wisata Religi Di pulau Lombok. Semoga bermanfaat