9 Tips agar Tubuh Tetap Sehat Saat Puasa Ramadhan

  • 08 April 2021
  • Admin

9 Tips agar Tubuh Tetap Sehat Saat Puasa Ramadhan. Bulan suci ramadhan merupakan  bulan suci yang penuh dengan berkah. Dan pastinya pintu maaf dibuka lebar oleh allah subhanahu wata’ala. Umumnya pada bulan puasa ini banyak keluhan yang dialami seperti halnya seperti sembelit dan juga dehidrasi. 

Semua itu disebabkan karena sangat kurangnya konsumsi asupan serat,air, dan konsumsinya saat berbuka puasa terlalu banyaknya memakan makanan yang berminyak seperti  gorengan.

Supaya kalian bisa menjalani puasa di tahun ini berjalan dengan lancar dan tubuh  kalian tetap sehat , penulis akan memberikan 9 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat Saat Puasa Ramadhan.

1.    Jangan Lupa Sahur
Biasanya jika sudah berjalan puasa sepekan atau dua pekan, umumnya akan melupakan  Sahur, itu dikarenakan sudah terbiasanya berpuasa. Dan jika melewatkan sahur itu tidak dianjurkan . disaat sahur konsumsilah  biji-bijian,kacang-kacangan,sayuran dan juga buah –buahan agar serat tubuh terpenuhi . minumlah air yang cukup agar tidak dehidrasi selama berpuasa.

2.    Berbuka dengan buah Kurma 
Saat berbuka  konsumsilah buah kurma, satu sampai tiga kurma serta minum air segelas. Berbuka dengan kurma merupakan sunnah yang dianjurkan . jangan memakan kalori yang banyak saat berbuka, karena tidak baik untuk tubuh.

3.    Minum air yang cukup
Tubuh memerlukan cairan yang cukup disaat kita berpuasa, agar tubuh tidak terdehidrasi. Maka dari itu selalu mengatur waktu minum  di malam hari  agar cairan terpenuhi. 

4.    Konsumsi karbohidrat kompleks ,bukan karbohidrat sederhana.
Mengkonsumsi karbohidrat kompleks bisa membuat kita kenyang lebih lama , karbohidrat kompleks yaitu beras merah,gandum,oat.

5.    Selalu memakan makanan seimbang
Makanlah makanan yang seimbang dengan memakan dalam piring kita seperti  nasi merah,ayam,tahu,tempe,sayuran,buah-buahan  dan juga segelas air putih.

6.    Tidak mengkonsumsi kafein
Minuman berkafein bisa menjadikan kita selalu buang air kecil, yang membuat cepatnya cairan pada tubuh hilang. Jadi disaat bulan puasa janganlah minum minuman yang  mengandung kafein.

7.    Kurangi minuman yang Manis.
Agar terhindar dari kenaikan berat badan disaat berpuasa, disarankan jangan meminum minuman yang manis.  Lebih baik minum segelas air putih  itu bisa membuat  stabil kondisi tubuh kita.

8.    Melihat Al Quran
Membaca a alquran merupakan suatu yang sangat disarankan , karena membaca satu huruf  alquran di bulan puasa bisa mendapatkan pahala 10 kebaikan.

9.    Tidur yang cukup
Di Bulan puasa kita memerlukan tidur yang cukup karena kita akan selalu bangun di sepertiga malam untuk sahur. Jadi tidurlah dengan cepat jangan begadang agar kita bisa mendapatkan tidur yang cukup.  Karena jika kurang tidur bisa membuat kinerja otak tidak stabil dan juga akan  berisiko obesitas .