Adab Dalam Berwudhu sesuai dengan Sunnah

  • 27 March 2021
  • Admin

Adab Dalam Berwudhu sesuai dengan Sunnah.  Dalam  melaksana kan bersuci  sebelum sholat  yaitu ber wudhu memiliki adab  yang dimana harus kita lakukan, karena kita akan melakukan  bersuci  dan menyembah  Allah subhanahu wa ta’ ala.   berikut adab –adab dalam ber wudhu sesuai dengan sunnah:

1.       Menggunakan sumber air Wudhu.
Disaat kita akan berwudhu (bersuci) gunakanlah sumber air bersih dan jernih,  yang  terbebas dari pencemaran.  Kalau di rumah sumber airnya dari sumber mata air sumur, maka kita bisa menggunakan air tersebut. Kalau saja tidak , maka kita bisa berwudhu di masjid atau mushola di sekitar  yang biasanya masjid  atau mushola tersedia toilet umum atau tempat  wudhu yang khusus.
Allah ta'ala berfirman  yang artinya:

 “ ingatlah ), ketika Allah Menjadikan kamu mengantuk  sebagai  suatu penenteraman dari pada – Nya , dan Allah Menurunkan kepadamu hujan dari agit untuk mensucikan kamu dengan hujan itu dan menghilang kan dari kamu gangguan – gangguan syaitan dan untuk menguatkan hatimu dan memperteguh dengan telapak kaki(mu).” ( QS Al-Anfal: 11)

2.        Niat
 Setiap akan melakukan sesuatu pekerjaan apapun  selalu diawali dengan niat, jika diawal kita memang sudah niat dengan kesungguhan hati, pastinya semua kegiatan akan dilakukan dengan baik dan juga istiqomah. Begitu juga dengan melakukan wudhu, selalu diawali dengan niat  karena allah subhanahu wa ta’ ala. Seperti yang Rasulullah shallallahu ‘ alaihi wasallam bersabda yang artinya:

 “ Semua amalan itu dengan niat-niatnya, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang(tergantung apa yang diniatkan.” ( HR. Al-Bukhari no 1 dan Muslim no 3530)

3.       Membaca Basmallah
Saat berwudhu  pastikan kita setelah berniat  selalu melafalkan kalimat basmallah.

“  Tidak ada sholat bagi orang yang tidak berwudhu, dan tidak ada wudhu bagi orang yang tidak menyebut nama Allah Ta’ ala (Bismillah) ketika hendak berwudhu.” ( HR. Ibnu Hibban no 399, At Tirmidzi no 26, Abu Dawud no .101, Al Hakim no.7000, Ad Daruquthni no.232)

4.       Membersihkan atau membasuh beberapa anggota tubuh yang wajib dibersihkan.
Melakukan bersuci atau berwudhu sebelum melaksanakan  ibadah sholat  ada ketentuan wudhu yang dimana harus dikerjakan yaitu membasuh anggota tubuh yang wajib di bersihkan . berikut dalilnya dibawah ini. Yang artinya

“ Hai orang –orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuh lah mukamu dan tanganmu sampai siku, dan sapu lah dan (basuh) sampai dengan kedua mata kaki,” ( QS. Al Maidah : 6)

Begitulah adab dalam berwudhu sesuai dengan sunnah  menurut Al quran  dan hadist .  semoga bermanfaat.