Adab Pergaulan Remaja Menurut Islam

  • 31 August 2021
  • Admin

Adab Pergaulan Remaja Menurut Islam, Dalam ajaran Islam, kita diajarkan terhadap beberapa adab dan termasuk dalam adab pergaulan dalam remaja. Islam mengajarkan kita untuk selalu berbuat baik antar sesama dalam bergaul, seperti apa yang dijelaskan di dalam surah An-Nisa' ayat 36, Allah SWT telah berfirman sebagai berikut:

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

Artinya: "Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri".

Dalam bergaul antar teman sebaya, dalam Islam kita dianjurkan untuk menerapkan beberapa adab berikut ini.

1. Mengucapkan salam

Seperti dalam hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Muslim: “Demi Tuhan yang jiwaku berada di tangan-Nya, kamu tidak akan masuk surga sehingga kamu beriman, dan kamu tidak (dianggap) beriman sehingga kamu saling cinta-mencintai. Maukah kamu kutunjukkan sesuatu yang apabila kamu mengerjakan dengan sungguh-sungguh, maka kamu akan berkasih-kasihan? Maka mereka menjawab: mau, ya Rasulullah. Sabda beliau: ucapkan salam di antara sesama kamu.”

2. Memilih teman dalam bergaul

Memilih teman untuk bergaul juga diperhatikan karena akhlak dan sifat seseorang itu dapat terbentuk dari siapa teman mereka bergaul sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad: “Seseorang berdasarkan agama teman dekatnya, maka hendaknya salah seorang di antara kalian meneliti dengan siapa dia bergaul.”

3. Mencintai teman karena Allah

Islam juga melarang kita untuk meninggalkan saudara dalam iman. Salah satu bentuk kecintaan antar teman adalah dengan melarang atau meninggalkan satu sama lain ketika ada yang melakukan kekufuran, sebagaimana hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari: “Tidak ada dua orang yang mencintai satu sama lain karena Allah, atau karena Islam, akan membiarkan pelanggaran kecil pertama yang dilakukan salah satu dari mereka.”

4. Saling tolong-menolong

Manusia adalah makhluk sosial yang dimana dalam menjalankan kehidupan membutuhkan bantuan dari orang lain, maka dari itu hendaklah untuk saling tolong menolong antar sesama sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW riwayat Imam Muslim: “Allah senantiasa menolong hamba-Nya selama hamba-Nya suka menolong saudaranya.”