Adab Seorang Istri Terhadap Suami

  • 31 March 2021
  • Admin

Adab Seorang istri terhadap suami dimana para istri harus bisa mengetahui apa saja hak-hak suami yang wajib istri ketahui. Karena jika para istri sudah mengetahui apa saja hak suami yang harus istri penuhi, secara tidak langsung seorang istri akan memiliki adab yang diinginkan oleh suami.  Berikut rincian  mengenai hak suami yang perlu istri ketahui:

Yang pertama : Mentaati Perintah Suami

Seorang istri yang memiliki ketaatan terhadap suami, dan juga senang dilihat dan tidak pernah melawan yang bisa membuat suami benci, itulah  sebaik-baiknya wanita. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu,  berkata:

Pernah di tanyakan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,” Siapakan wanita yang paling baik? “ Jawab beliau ,“ Yaitu yang paling menyenangkan jika dilihat suami, mentaati suami jika diperintah, dan tidak menyelisihi suami pada diri dan hartanya sehingga membuat suami benci” (HR. An-Nasai no 3231 dan Ahmad 2: 251, Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadist ini hasan shahih)

 Yang Kedua: Berdiam dirumah dan tidaklah keluar kecuali dengan izin suami

Allah Ta’ala Berfirman yang artinya:

” Dan hendaklah kamu tetap dirumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah yang dahulu” (QS Al Ahzab 33).
Jadi seorang istri tidak diperbolehkan untuk keluar rumah  terkecuali dengan izin suaminya. Walaupun si istri mau mengunjungi kedua orang tuanya atau untuk melakukan kebutuhan yang lain, dan  untuk keperluan shalat di masjid.

Yang Ketiga: Taat Kepada Suami ketika diajak di ranjang
Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“ Jika seorang pria mengajak isterinya ke ranjang, lantas si istri enggan memnuhinya, maka malaikat akan melaknatnya hingga waktu shubuh.” ( HR.Bukhari no. 5193 dan Muslim no 1436).
Dalam riwayat Muslim disebutkan dengan Lafazh,

“ Demi Dzat yang jiwaku berada di tangannya, tidaklah seorang suami memanggil isterinya keempat tidurnya lalu si istri menolak ajakan suaminya melainkan yang di langit (penduduk langit ) murka pada isteri tersebut sampai  suami ridha kepadanya.” ( HR.Muslim no. 1436)

Yang Keempat: Tidak Mengizinkan orang lain masuk rumah kecuali dengan izin suami
Pesan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada haji Wada’,

“ Bertaqwalah kalian dalam urusan para wanita (istri-istri kalian), Karena sesungguhnya kalian mengambil mereka dengan amanah dari Allah dan Kalian menghalakan kemaluan mereka dengan kalimat Allah. Hak kalian atas mereka adalah mereka tidak boleh mengizinkan seorang pun yang kalian sukai untuk menginjak permadani kalian” ( HR. Muslim no 1218)

Begitulah ulasan Adab Seorang Isteri terhadap suami. Semoga bermanfaat .