Adab seorang penuntut ilmu

  • 31 March 2021
  • Admin

Adab seorang penuntut ilmu dalam mempelajari ajaran Allah subhanahu wataala yaitu mengikhlskan Niat untuk Allah ‘ Azza wajalla. Dengan memperlihat kan aktivitas menuntut ilmu  hanya mengharap kan wajah Allah dan negeri akhirat, karena Allah subhanahu wa ta’ala   memotivasi untuk itu. Allah ta’ala berfirman yang artinya:

“ Maka ketahui lah sesungguhnya tidak ada sesembahan yang hak selain Allah dan minta ampun lah atas dosa-dosamu.” (QS . Muhammad:19).  

Para ulama dipuji di dalam Al Quran dengan sangat ma’ruf. Jika Allah ta’ala memuji sesuatu maka sesuatu itu bernilai ibadah. 
Bertujuan untuk Mengangkat kebodohan Diri Sendiri dan Orang Lain
Pada dasarnya manusia itu Bodoh, dalilnya Allah ta’ala Berfirman yang artinya:

“ Allah lah yang telah mengeluarkan kalian dari perut-perut ibu kalian dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu Apapun, dan kemudian Allah ciptakan bagi kalian pendengaran, penglihatan dan hati supaya kalian bersyukur.” ( QS. An Nahl : 78).

Niatkanlah selalu untuk mengangkat kebodohan dari umat, hal itu bisa dilakukan dengan pengajaran melalui berbagai macam saran,  agar setiap orang bisa mengambil manfaat dari Ilmu yang kita miliki.
 Berlapang Dada Dalam Masalah KhilafAllah Ta’ala Berfirman  yang artinya:

“  Dan taatilah Allah dan Rasul –Nya, dan janganlah kalian berselisih yang akan menceraiberaikan dan membuat kekuatan kalian melemah. Dan bersabarlah sesunggunnya Allah bersama orang –orang yang sabar ( QS AL-Anfaal:46)

Menjadi suatu hal yang harus dilakukan oleh penuntut ilmu   agar selalu menjaga persaudaraan walaupun  berselisih paham masalah furu’iyyah(Cabang),  setidaknya yang satu  mengajak  saudaranya untuk melakukan diskusi dengan baik yang didasari  dengan  mencari wajah Allah ta’ala dan demi mendapatkan ilmu.

Penuntut Ilmu Harus Bersabar Dalam Menuntut Ilmu
Seharusnya para penuntut ilmu selalu bersabar dalam belajar, tidak cepat berputus asa di saat pertengahan jalan dan tidak cepat merasa bosan, namun harus konsisten dalam belajar sesuai kemampuan dan bersabar dalam meraih ilmu agama.  Apabila sanggup menahan diri dari kebosanan  dan tetap terus belajar ilmu niscaya akan mendapatkan pahala  orang-orang yang sabar.
Itulah beberapa ulasan Adab Seorang Penuntut Ilmu  yang dimana perlu kita ketahui agar kita bisa mendapatkan pahala yang besar dari Allah subhanahu wa ta’ala.