Anjuran Islam dalam Memberi Nama Anak

  • 01 November 2021
  • Admin

Anjuran Islam dalam Memberi Nama Anak, Di dalam sebuah nama ada harapan dan doa para orang tua terhadap anak anak mereka sehingga tidak heran jika para orang tua selalu memberi nama pada anak mereka dengan arti yang mencerminkan harapan sosok yang mereka inginkan.

Dalam ajaran islampun memiliki aturan dalam memberikan nama kepada anak anak, sesuai dengan syariat dan ajuran Rasulullah SAW. Hal ini bertujuan agar nama yang diberikan tersbeut dapat membawa berkah dan menjadi doa kepada anak anak kita.

Di dalam surat Maryam ayat 7, menjelaskan terkait pemberian sebuah nama pada anak anak.

 (Allah berfirman) "Wahai Zakaria, Kami memberi kabar gembira kepadamu dengan seorang anak laki-laki namanya Yahya, yang Kami belum pernah memberikan nama seperti itu sebelumnya"

Dalam ayat tersebut dapat kita ketahui, bahwa Allah SWT sendiri telah memberikan Nabi Zakaria seorang anak laki-laki bernama Yahya. Itu berarti pemberian nama dalam Islam sangat penting. Memberikan nama yang bermakna baik pun sudah menjadi kewajiban para orang tua, seperti sabda Rasulullah SAW dalam HR. Ibnu Najar:

"Sesungguhnya di antara kewajiban orang tua terhadap anaknya adalah mengajarinya menulis, memberikan nama yang baik, dan menikahkannya bila telah dewasa."

Adapun adab dan cara memberi nama pada seorang anak menurut islam sebagai berikut.

1. Memberi nama anak menjadi hak ayah

"Anak-anak memiliki tiga hak atas ayah mereka. Yang pertama adalah mereka diberi nama baik. Yang kedua, mereka diberikan pendidikan yang baik; dan yang terakhir, mereka dibantu memilih pasangan yang baik." (HR. Ibnu Najjar).

2. Jangan memberi nama seperti orang kafir

Dalam memberikan nama untuk bayi sebagai orang tua sebaiknya menghindari menggunakan nama nama orang kafir.

3. Dilarang memberi nama anak seperti nama-nama patung

"Memang, nama-nama terbaik dan paling dicintai Allah adalah: Abdullah, dan Abd-ur-Rahman. Nama-nama yang paling jujur adalah: al-Harith (penggarap) dan Hammam (perencana). Yang paling jelek adalah: Harb (perang) dan Murrah (pahit)."

4. Memberi anak nama dengan nama-nama yang disukai Allah SWT

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa di dalam sebuah nama mengandung doa doa dari setiap orang tua, maka dari itu penting halnya sebagai orang tua dalam memilih nama nama yang baik kepada anak anak.

Anda juga bisa menggunakan nama nama yang disematkan dari Asmaul Husna sebagai pengingat dan untuk lebih mendekatkan kepada Allah SWT. Memberikan nama nama nabi kepada anak anak merupakan sebuah wujud dari harapan agar kedepannya anak anak dapat tumbuh menjadi orang yang patuh dan taat kepada Allah SWT selayaknya seperti para Nabi.