Anjuran Mengerjakan Puasa Ayyamul Bidh

  • 06 May 2021
  • Admin

Seorang muslim  pastinya di wajibkan untuk berpuasa  terutama puasa Ramadhan yang di kerjakan di bulan suci Ramadhan  selama setahun kita di wajibkan puasa 1 bulan penuh. Adapun puasa sunnah yang di anjurkan bagi setiap muslim untuk mengerjakannya yaitu mengerjakan puasa tiga kali dalam sebulan, yang paling diutamakan  mengerjakan puasa sunnah pada ayyamul bidh  (13,14,15 hijriyah).
Dalil yang menguatkan  dalam anjuran  mengerjakan puasa ayyamul bidh sebagai berikut:

Dari  Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu  berkata:

“ kekasihku ( yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: [1] berpuasa tiga hari setiap bulannya,[2] mengerjakan shalat dhuha,[3] mengerjakan sholat witir sebelum tidur.”( HR. Bukhari no.1178)
Mu’adzah bertanya pada ‘Aisyah,

“ Apakah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa tiga hari setiap bulannya?” ‘Aisyah menjawab, “Iya.” Mu’adzah lalu bertanya, “ Pada hari apa beliau melakukan puasa tersebut? “ ‘ Aisyah menjawab, “Beliau tidak peduli pada hari apa beliau puasa (artinya semau beliau).” ( HR. Tirmidzi no.763 dan Ibnu Majah no.1709. Syaikh Al Albani mengatakan kalau hadist ini shahih)
Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata,

“ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada ayyamul bidh ketika tidak bepergian maupun ketika bersafar.” ( HR.An Nasai no.2345. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadist ini hasan. Lihat Ash Shohihah no.580)