Anjuran Shalat Tertentu Di Bulan Rajab

  • 11 June 2021
  • Admin

“Tidak terdapat riwayat yang sahih yang layak dijadikan dalil tentang keutamaan bulan Rajab tidak pula riwayat yang sahih tentang puasa rajab, atau puasa di tanggal tertentu bulan Rajab, atau shalat tahajud di malam tertentu bulan rajab. Keterangan saya ini teah di dahului oleh keterangan Imam Al-Hafidz Abu Ismail AL-Harawi.” ( Tabyinul Ajab bi Ma Warada fi Fadli Rajab, hlm.6 ).

 Keterangan  tersebut juga di sampaikan oleh Imam Ibnu Rajab , dengan buku karya  yang  mengupas tentang amalan di sepanjang tahun, buku tersebut berjudul  Lathaiful Maárif,  Beliau tidak ada shalat sunah khusus untuk bulan rajab, yang artinya :

“ Tidak terdapat dalil yang sahih tentang anjuran shalat tertentu di bulan Rajab. Apapun hadis  yang menyebutkan keutamaan shalat Raghaib di malam jumat pertama bulan Rajab adalah hadis Dusta, Batil dan tidak sahih. Shalat Raghaib adalah bidáh , menurut mayoritas ulaam.”( Lathaiful Maárif, Hlm 213)

 Ibnu Rajan Menerangkan untuk di sarankan melakukan uasa di bulan Haram,  terdapat pada hadis dari Mujibah Al-bahiliyah dari  bapak atau pamannya, Al – Bahily.  Seorang sahabat  Al-bahily  mendatangi  Rasulullah,  dan bertemu  terus masuk islam.  ia langsung pulang  kampung. Setelah satu tahun berlalu. Dia mendatangi Rasulullah. Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

“Ya Rasulullah, apakah anda masih mengenal saya. “Tanya Kahmas,
“Siapa anda ?”Tanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

“Saya Al-bahily, yang dulu pernah datang menemui anda setahun yang lalu.”Jawab sahabat
“Apa yang terjadi dengan anda, padahal dulu anda berbadan segar? “ Tanya nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

‘Saya tidak pernah makan , kecuali malam hari, sejak saya berpisah dengan anda.” Jawab  sahabat.
Mendengar begitu semangat sahabat ini dalam menjalankan ibadah puasa. Nabi shallallahu ‘alaihi wa Salam memberi nasehat. Yang artinya:

“ Mengapa engkau menyiksa dirimu. Puasalah di bulan sabra ( ramadhan), dan puasa sehari setiap bulan.”
Tetapi Al-Bahily selalu minta tambahan puasa sunah,