Apa itu aqiqah dalam islam?

  • 18 March 2021
  • Admin

Apa itu aqiqah dalam islam?  Aqiqah mempunyai arti memutuskan dan melubangi. Dilihat dari pengertian secara umum, aqiqah merupakan  suatu aktivitas ibadah menyembelih hewan  ternak berupa kambing yang menjadi  suatu bentuk  rasa syukur  atas kelahiran seorang anak yang allah ta’ala amanahkan 

Untuk hukum dalam ibadah aqiqah ini  memiliki perbedaan pendapat dari kalangan ulama.  Para ulama ada yang memberikan  pendapat kalau ibadah aqiqah ini memiliki hukum wajib, dan sebagian para ulama ada yang memiliki pendapat   kalau aqiqah hukumnya sunnah muakkad dan ada juga yang mengatakan sunnah.

Dari tiga hukum yang di katakan para ulama , yang paling kuat atau paling shahih adapal pendapat para ulama yang mengatakan kalau hukum aqiqah adalah sunnah mu’akad . yang artinya  kalau ibadah aqiqah ini memang dianjurkan untuk di laksanakan.

Dalil  dalam menjalankan ibadah aqiqah ini adalah hadist dari nabi Muhamad shallallahu ‘alaihi wasallam  bersabda. “ Semua bayi tergadai kan dengan aqiqah-nya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama, dan dicukur rambutnya.”( Shahih , HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan lain lainnya).
Dari Salman bin ‘ Amir ad-Dhabiy  mengatakan jika Rasulullah  bersabda, “ Aqiqah di laksanakan  karena kelahiran bayi, maka sembelih lah hewan dan hilangkan lah semua gangguan darinya.” (Shahih Hadist Riwayat Bukhari).
 
Sejarah Aqiqah
Ibadah Aqiqah  merupakan penyembelihan  seekor  hewan  bagian dari upacara kelahiran  seorang  anak  yang ternyata sudah ada di zaman jahiliyah . tetapi dalam pelaksanaannya sangat  berbeda dengan apa yang diberi tuntunan dari Rasulullah Shallallahu ‘ alaihi wa sallam.

Buraida mengatakan, kalau dahulu di zaman jahiliyah kalau ada salah satu diantara mereka mempunyai anak, maka orang tersebut akan menyembelih  hewan kambing dan kepala bayi akan dilumuri darah kambing. 

Dalam islam tata cara  seperti itu diubah   agar lebih manusiawi . dan adapun  tata cara aqiqah di dalam islam sebagai berikut:
-          Waktu pelaksanaan ibadah aqiqah di islam umumnya dikerjakan di tujuh hari setelah anak lahir.bisa juga di hari ke empat belas ataupun di hari ke 21 hari setelahnya.
-          Jumlah hewan yang akan disembelih , kalau anak laki-laki menyembelih 2 ekor kambing kalau perempuan menyembelih 1 ekor kambing.
-          Setelah menyembelih hewan kambing dikerjakan maka ibadah berikutnya mencukur menggundulu kepala bayi.
-          Bersedekah  dengan perhitungan sedekah diambil dari berat rambut si bayi yang dipotong.