Apa Itu Riba dan Mengapa Allah SWT Mengharamkan Riba

  • 05 June 2021
  • Admin

Apa Itu Riba dan Mengapa Allah SWT Mengharamkan, Riba sudah pastinya dilarang di agama islam , karena riba itu prakteknya di dalam satu pihak ada yang dirugikan.

1.       Definisi Riba
Kalau kita lihat di dalam bahasa, kata riba mempunyai arti Ziyadah ( Tambahan). Yaitu Raba  as-syai-u idza zada, yang berarti :  sesuatu yang mengalami tambahan. Imam syafii memberi definisi  riba  merupakan   suatu akad pergantian yang dikhususkan  dimana  belum diketahui kesetaraan dalam pandangan syariah.  Baik disaat akad  dan penundaan salah satu atau kedua harta uang yang ditukarkan.

2.       Dosa Besar
Riba merupakan tujuh dari dosa besar, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
Yang  artinya “ Jauhilah oleh kalian tujuh hal yang mencelakakan. Para sahabat bertanya: apa saja, ya Rasulullah? Nabi menjawab : syirik kepada Allah , sihir, membunuh nyawa yang diharamkan kecuali dengan hak, memakan ria, memakan harta anak yatim, lari dari peperangan, dan menuduh zina. Hadist ini diriwayatkan  Imam Bukhari dan Imam Muslim.

3.       Diperangi Allah
Kegiatan Riba   salah satu yang akan allah perangi . Dosa makan harta riba , dosa yang  allah subhanahu wa ta’ala  peringatkan  di dalam kitab suci alquran . dan allah  Ta’ala menegaskan perang kepada pelaku Riba.

4.       Pelaku Riba dilaknat
Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam telah melaknat bagi orang yang melakukan  Riba. Hadist   riwayat Muslim Berkadar shahih:
“ Rasulullah melaknat pemakan riba, orang yang memberi ,yang mencatat dan dua saksinya. Beliau  bersabda: mereka semua sama (dilaknat).”

5.       Yang menghalalkan Riba disebut Kafir
Bagi kita seorang muslim  diwajibkan mengetahui kalau hukum dari  Riba Adalah Haram, dan kalau seorang muslim  mempunyai keyakinan  praktik riba itu halal, maka  dia  bisa menjadi kafir dari keyakinan  tersebut.

6.       Pelaku Riba telah menjalankan lima dosa
Orang yang menjalankan Riba itu disamakan  dengan  menjalankan  lima dosa sekaligus. As-Sarajhsy mengatakan kalau seorang yang memakan riba  akan  mendapatkan lima dosa sekaligus. Seperti at-takhabbut(kesurupan syetan), al-mahqu (dimusnahkan Allah), al-harbu (diperangi Allah), al-kufru (dianggap kufur), dan al –khuludu fin –naar (kekal di dalam neraka).

7.       Konsekuensi Dosa
Pelaku Riba bisa mendapatkan dosa seperti menikahi ibu sendiri , begitu bahaya riba. Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: yang artinya :
“ Riba itu terdiri dari 73 pintu. Pintu yang paling ringan seperti seorang laki-laki menikahi ibunya sendiri.”  Hadis ini diriwayatkan Imam Ibnu Majah dan Al-Hakim.