Apa Makna Islam? Yang Sesungguhnya

  • 11 August 2021
  • Admin

Apa Makna Islam?

Islam adalah agama yang termasuk ke dalam salah satu agama terbesar yang tersebar di seluruh dunia.Agama islam merupakan satu satunya agama yang diridhai oleh Allah SWT. Kita sebagai umat musllim harus bersyukur karena kita dapat tinggal di Indonesia yang merupakan Negara yang penduduknya bermayoritas Islam.

Nama agama islam merupakan sebuah istilah yang menunjukkan sikap dan sifat pemeluknya terhadap Allah SWT. Nama agama islam sendiri bukan berasal dari seseorang yang memberikannya nama melainkan nama agama islam merupakan nama yang diberikan oleh Allah SWT.

Dalam Al-Qur'an sendiri, kata Islam sebagai agama disebutkan dalam surat Al Maidah ayat 3, yang artinya

"Pada hari ini telah Ku sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku cukupkan kepadamu nikmat Ku, dan telah Ku ridhai Islam itu jadi agama bagimu."

Selain itu, surat Ali Imran ayat 9 juga menyebutkan agama Islam, yang artinya:

"Sesungguhnya agama di sisi Allah hanyalah Islam."

Disebutkan pula dalam surat Ali Imran ayat 85 yang artinya:

"Dan siapa saja yang mencari agama selain Islam, maka tidak akan diterima darinya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang merugi."

Sedangkan dalam hadis, Rasulullah pernah menjelaskan arti Islam. Hadis tersebut kemudian terkenal sebagai hadis Jibril, karena saat itu, malaikat Jibril yang berubah wujudnya menjadi seorang laki-laki datang menemui Rasulullah untuk bertanya tentang Islam dan meminta penjelasan pada Rasulullah. Berikut hadisnya:

Dari Umar radhiyallahu ta'ala 'anhu berkata,

"Ketika kami sedang duduk-duduk bersama dengan Rasulullah SAW, tiba-tiba muncul seorang laki-laki yang pakaiannya sangat putih, rambutnya sangat hitam, pada dirinya tidak terlihat tanda-tanda seorang musafir, namun tidak ada satu pun di antara kami yang mengenalnya. Hingga ia duduk di dekat Nabi SAW. Dia menempelkan lututnya ke lutut Nabi SAW dan meletakkan telapak tangannya di atas paha Nabi.

Dia berkata: Wahai Muhammad, jelaskan padaku tentang Islam? Rasulullah SAW menjawab: Islam adalah engkau bersyahadat bahwasannya tiada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah, dan Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan sholat, menunaikan zakat, berpuasa Ramadhan, dan melaksanakan haji ke Baitullah jika engkau mampu melaksanakannya." (HR. Muslim).