Apa Tujuan Utama Dari Zakat Fitrah ?

  • 06 April 2022
  • Admin

 

Apa tujuan Utama dari Zakat fitrah ? salah satu rukun islam yaitu zakat yang mana zakat ini di laksanakan setiap orang islam yang telah memenuhi syarat dan ketentuannya. Dalam melaksanakan perintah Allah Subhanahu wata’ala  adapun tujuan dari zakat adalah saling membantu terhadap umat islam yang lagi membutuhkan bantuan dan pertolongan.

Maka dari itu syariat islam memberikan perhatian besar dan memberikan kedudukan tinggi pada ibadah zakat ini. Adapun tujuan lain dari mengeluarkan zakat ,terutama zakat fitrah adalah mensucikan orang yang melaksanakannya, dan juga memberi makan orang miskin.  Rasulullah shallallahu alaihi wasallam  Bersabda  dalam hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas Radhiallahu anhu. :

Artinya : Ibnu Abbas RA mengatakan, "Rasulullah shallallahu alaihi wasallam  memerintahkan zakat fitrah sebagai penyucian bagi orang yang berpuasa dari omong kosong dan kata-kata kotor, serta untuk memberi makan orang miskin. Barangsiapa yang menunaikannya sebelum sholat (Idul Fitri), maka zakatnya diterima, dan barangsiapa yang menunaikannya setelah sholat, maka itu adalah sedekah (biasa)." (HR Ibnu Majah).

TUJUAN ZAKAT FITRAH

Zakat fitrah merupakan suatu ibadah ijtima'iyyah, yaitu ibadah kemasyarakatan. Amalan zakat ini diharuskan atau diwajibkan bagi seorang muslim tanpa adanya syarat seorang tersebut harus kaya atau mempunyai harta yang berlebihan.

Fatwa MUI  mengatakan  tujuan zakat fitrah  ada dua .yaitu

Pertama, untuk menyucikan jiwa dan kedua untuk memberikan makan orang miskin. Perintah mengeluarkan zakat fitrah ini turun di bulan sya’ban tahun ke 2 Hijriah. Dimana perintah tersebut tercatat dalam hadits riwayat Muslim Berikut:

“Dari Ibnu Umar, sesungguhnya Rasulullah saw. telah mewajibkan zakat fitrah pada bulan Ramadhan atas orang-orang sebesar 1 sha’ kurma, atau 1 sha’ gandum, wajib atas orang merdeka, hamba sahaya, laki-laki dan perempuan, dari kaum muslimin.” (HR. Muslim).

Zakat fitrah bisa dibayarkan disaat bulan suci ramadhan dan paling lambatnya sebelum  melaksanakan shalat idul fitri. Untuk pembayarannya  dilakukan dengan memberikan 2,5kg beras atau 3,5kg liter per jiwa kepada badan amil zakat atau bisa langsung menyalurkan zakat fitrah ke tetangga yang fakir dan miskin.

Kewajiban zakat fitrah dalam hadits dari Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam yang diceritakan oleh Ibnu Umar Radhiyallahu anhu:

Artinya: "Rasulullah SAW mewajibkan zakat fithri dengan satu sha' kurma atau satu sha' gandum bagi setiap muslim yang merdeka maupun budak, laki-laki maupun perempuan, anak kecil maupun dewasa. Zakat tersebut diperintahkan dikeluarkan sebelum orang-orang keluar untuk melaksanakan shalat 'ied." (HR Bukhari).

Seorang muslim yang menjalankan atau menyalurkan zakat  akan mendapatkan berlipat ganda kebaikan dan ditinggikan derajatnya. Yang ini termasuk tujuan syarí yang penting Allah Azza wa jalla berfirman:

Artinya: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allâh adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allâh melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allâh Maha luas (karuniaNya) lagi Maha mengetahui.” [al-Baqarah/2:261]

Makna zakat di dalam bahasa arab adalah pertumbuhan . dan syariat telah menetapkan makna ini dan menetapkannya pada kewajiban zakat Allah azza wa jalla berfirman:

 Yang artinya:  “ Allâh memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah dan Allâh tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan selalu berbuat dosa.” (al-Baqarah/2:276).

Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam  bersabda:

Artinya : Tidak ada satu hari di mana manusia mendapatkan waktu pagi kecuali ada dua malaikat turun, salah satu dari keduanya berkata, ‘Ya Allâh berikanlah pengganti kepada orang yang berinfak.’ Sedangkan yang lainnya berkata, ‘Ya Allâh berikanlah kebinasaan kepada orang yang menahan.” [Muttafaqun ‘alaihi]

Demikian banyaknya faedah dan hikmah dari pensyariatan zakat lainnya  yang belum disampaikan . tetapi semua yang sudah disampaikan diatas bisa mewakili betapa pentingnya dan bergunanya zakat dalam kehidupan individu dan masyarakat islam.

Semoga artikel ini bisa membuat motivasi kita untuk menunaikan nya apalagi bila dilihat kepada manfaat yang akan muncul dari zakat .