Apa Yang Harus Kita Lakukan di Pagi Hari Menurut Islam?

  • 27 June 2022
  • Admin

Apa yang harus kita lakukan di pagi hari menurut islam?  Berikut ini kita akan memberikan  apa yang dapat dilakukan setiap muslim  di waktu pagi. Yang mana ini tujuannya supaya waktu pagi merupakan waktu yang penuh berkah dan bukan waktu yang sia-sia . hanya allah yang memberi taufik.

-          MEMBACA AL QURAN DAN MEMAHAMI MAKNANYA

Seorang muslim akan selalu mengisi waktu pagi dengan kegiatan yang selalu mendekatkan diri kepada allah Subhanahu wata’ala  yaitu dengan membaca al quran. Waktu pagi adalah waktu  masih fit nya seseorang untuk melakukan aktivitas. Oleh karena itu sangat bagus sekali kalau seseorang tersebut memanfaatkannya untuk membaca dan mentadaburi Alquran.

Perlu kita ingat kalau Al quran nantinya bisa memberikan syafaat kepada kita di waktu nanti di hari yang penuh kesulitan di hari kiamat kelak. Dari Abu Umamah Al Bahiliy, (beliau berkata), “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Bacalah Al Qur’an karena Al Qur’an akan datang pada hari kiamat nanti sebagai syafi’ (pemberi syafa’at) bagi  yang membacanya. Bacalah Az Zahrawain (dua surat cahaya) yaitu surat Al Baqarah dan Ali Imran karena keduanya datang pada hari kiamat nanti seperti dua awan atau seperti dua cahaya sinar matahari atau seperti dua ekor burung yang membentangkan sayapnya (bersambung satu dengan yang lainnya), keduanya akan menjadi pembela bagi yang rajin membaca dua surat tersebut. Bacalah pula surat Al Baqarah. Mengambil surat tersebut adalah suatu keberkahan dan meninggalkannya akan mendapat penyesalan. Para tukang sihir tidak mungkin menghafalnya.” (HR. Muslim no. 1910. Lihat penjelasan hadits ini secara lengkap di At Taisir bi Syarhi Al Jami’ Ash Shogir, Al Munawi, 1/388, Asy Syamilah)

-          MENGULANG HAFALAN AL QUR'AN

Di waktu pagi adalah waktu yang paling baik untuk melakukan mengulangi hafalan al quran , waktu pagi waktu yang terbaik jika dibandingkan dengan waktu siang yang  dimana penuh dengan kesibukan .di antara keutamaan menghafal Alquran terdapat dalam hadits berikut.

Dari Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Dikatakan kepada orang yang membaca (menghafalkan) Al Qur’an nanti : ‘Bacalah dan naiklah serta tartillah sebagaimana engkau di dunia mentartilnya. Karena kedudukanmu adalah pada akhir ayat yang engkau baca (hafal).” (HR. Abu Daud no. 1464 dan Tirmidzi no. 2914. Syaikh Al Albani dalam As Silsilah Ash Shahihah no. 2240 mengatakan bahwa hadits ini shahih)

-          MEMBACA DZIKIR – DZIKIR PAGI

Di Waktu pagi kita bisa mengisinya dengan membaca dzikir-dzikir pagi .  untuk bacaan dzikir pagi yang lengkap bisa dilihat di dalam kitab  Hisnul Muslim yang disusun oleh Syaikh Sa’id bin Wahf Al Qohthoni.

Salah satu dzikir pagi yang mudah untuk kita baca adalah bacaan istighfar.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam  Bersabda ,

“Tidaklah aku berada di pagi hari (antara terbit fajar hingga terbit matahari, pen) kecuali aku telah beristighfar pada Allah sebanyak 100 kali.” (HR. An Nasa’i. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Silsilah Ash Shohihah no. 1600. Lihat Al Mu’jam Al Awsath lith Thobroniy, 8/432, Asy Syamilah)

-          MENUNTUT ILMU AGAMA

Di Pagi hari kita bisa juga mengisinya dengan mempelajari ilmu agama. Di dalam hal ini kita bisa melakukannya dengan mendatangi majelis ilmu atau bisa juga dengan membaca berbagai kitab para ulama. 

Nafi’ telah bertanya kepada Ibnu Umar tentang sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.”

Ibnu Umar menjawab, “Dalam menuntut ilmu dan shaf pertama.” (Atsar ini diriwayatkan oleh Ibnu ‘Abdil Barr dalam Al Jami’ li Akhlaqir Rawi wa Aadabis Sami’, 1 /150 dan As-Sam'any dalam Adabul Imla’ wal Istimla’, 1/129)

Semoga kita termasuk orang-orang yang mengisi waktu pagi dengan hal-hal yang bermanfaat.