Apakah Ibu Menyusui Harus Puasa ?

  • 11 May 2021
  • Admin

Bagi seorang muslim puasa di bulan Ramdhan itu hukumnya wajib, tetapi khusus bagi ibu menyusuli memperoleh dispensasi  dalam menjalankan puasa. Seperti hadist Nabi Shallallahu alaihi wa salam bersabda yang artinya:

“  Sesungguhnya Allah memberikan keringanan bagi  orang musafir berpuasa dan sholat, dan bagi wanita hamil dan menyusuli berpuasa.”( HR. Ahmad).
Bisa kalian dalam kondisi sedang menyusui dan ingin tetap menjalankan ibadah puasa berikut penulis akan berikan tips  bagi ibu menyusui :

-          Jangan Lupa sahur.
Dalam puasa ramadhan di sunnahkan kita untuk bersahur, apalagi ibu menyusui . bisa jadi diwajibkan . karena sahur sangat penting untuk agar bisa puasanya lancar. Dan juga yang  perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi sahur.   Cadangan nutrisi dan juga kalori  kalian dapatkan dari  saat dari makanan dan cairan disaat sahur selama menjalankan puasa. Makanan yang nantinya untuk sahur ibu menyusui seperti  brokoli,bayam,katuk,telur,ikan salmon, daging tanpa lemak dan juga kacang merah. Bisa juga mengkonsumsi suplemen vitamin D disaat sahur .

-          Hindari Dehidrasi
Selalu menjaga tubuh agar tidak sampai dehidrasi, seperti kepala pusing, haus,lemas,lelah,mulut kering dan lain sebagainya.  karena jika sampai dehidrasi  disaat menyusui itu bisa sangat berbahaya.  Jika memang terjadi dehidrasi bagi ibu menyusui  disaat berpuasa, lebih baik langsung membatalkan puasanya, dengan meminum  air  yang memiliki kandungan elektrolit, supaya tubuh bisa langsung merehidrasi. Maka dari itu disaat sahur dan berbuka disarankan minum air secukupnya agar cairan pada tubuh bisa cepat tergantikan  saat berpuasa. Dan jangan juga melupakan nutrisi dan juga kalori.

-          Perlu persiapan dalam menjalani puasa saat menyusui.
Saat menjalani puasa dan juga menyusui hindari pekerjaan yang berat  dan  juga menjaga waktu istirahat yang cukup agar puasa dan menyusui lancar.  Disaat berpuasa diketahui kandungan potasium,magnesium dan juga zinc yang terdapat di kandungan ASI bisa berkurang.  Kalian bisa mengatasinya dengan selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung tiga nutrisi tersebut, atau bisa juga kalian mengkonsumsi suplemen . jika tubuh merasakan kurang enak badan cepatlah berkonsultasi ke Dokter.