Awas! Jangan Suka Bertanya Arti Mimpi

  • 24 March 2021
  • Admin

Awas! Jangan Suka Bertanya Arti Mimpi. Di masyarakat banyak sekali  kita pernah mendengar kalau tetangga,saudara,  ataupun istri  saat mereka tertidur dan  bermimpi,  ingin sekali mimpi tersebut ditafsirkan. Terutama mimpi yang buruk ,disini penulis menyarankan  kalau mimpi yang buruk atau tidak menyenangkan itu bisa kalian lupakan . karena bisa dengan melupakan mimpi yang buruk bisa membuat pikiran kalian  menjadi baik   buat kehidupan kalian.

Bukannya tidak ada alasan kenapa harus melupakan  mimpi yang buruk itu,
Alasan yang pertama, dalam setiap mimpi yang buruk disitu terdapat  sangkut paut  setan, yang dimana mereka membuat  suatu bayangan  mimpi yang buruk pada manusia yang bisa membuat setiap pikirannya  menjadi terganggu.  Dari Abu Hurairah radhiallahu’ anhu , Nabi shallallahu ‘ alaihi wa Salam bersabda yang artinya :

“ Mimpi itu ada tiga macam : bisikan hati, ditakuti setan,dan kabar gembira dari allah.” ( HR. Bukhari 7017)
Alasan kedua, Nabi shallallahu ‘ alaihi wa Salam selalu menyarankan  jika kalian mendapatkan mimpi buruk itu  jangan pernah diceritakan kepada orang lain atau kalian lupakan saja.
Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu ‘ anhu , bahwa ada  orang Arab badui mendatangi  Nabi shallallahu ‘ alaihi wa Salam, yang bertanya,

“  Ya rasulullah, aku bermimpi kepalaku dipenggal lalu menggelinding kemudian aku berlari kencang mengejarnya”
Nabi shallallahu ‘ alaihi wa Salam bersabda kepada orang badui yang bertanya itu:

“ Jangan kau ceritakan kepada orang lain kelakuan setan yang mempermain kan dirimu di alam mimpi”.
Sehabis  itu aku mendengar kalau Nabi shallallahu ‘ alaihi wa Salam mengatakan di dalam khutbahnya,

“  Jangan sekali-sekali kalian menceritakan ulah setan yang mempermainkan diri kalian di alam mimpi” ( HR Muslim 2268)
Dan ada riwayat yang dimana Nabi shallallahu ‘ alaihi wa sallam menjamin disaat orang yang  melupakan mimpi buruk dan juga memohon perlindungan  dari setan,  maka tidak akan terjadi dampak buruk  bagi orang tersebut.  Beliau bersabda yang artinya:

“ Apabila kalian mengalami mimpi buruk , hendaknya  meludah ke kiri 3 kali, dan memohon perlindungan  kepada Allah dari kejahatan setan dan dari dampak buruk mimpi. Kemudian , Jangan ceritakan mimpi itu kepada siapapun, maka mimpi itu tidak akan memberikan dampak buruk kepadanya.” ( HR. Bukhari 7044, Muslim 2261, dan yang lainnya)