Bagaimana Kriteria Makanan Halal Menurut Islam

  • 26 August 2021
  • Admin

Bagaimana Kriteria Makanan Halal Menurut Islam, Makanan adalah suatu hal yang harus diperhatikan di dalam ajaran Islam. Apa yang dikonsumsi tidak hanya akan mempengaruhi kesehatannya saja melainkan juga menentukan apakah suatu doa akan diijabah atau tidak.

Orang orang yang selalu menjaga dirinya dari hal hal yang haram akan  lebih mudah diijabah Allah pada saat ia berdoa. Selain dari itu menjaga diri dari makanan yang haram merupakan salah satu perintah yang wajib untuk diikuti. Menemukan makanan makanan hal yang halal di Indonesia merupakan suatu hal yang relatif sangat mudah, namun bagaimana saat berpergian, apakah tempat tersebut familiar dengan makanan yang halal.?

Untuk itulah pengetahuan tentang kriteria makanan yang halal harus diketahui, dengan begitu anda bisa menjadi lebih hati hati dalam memilih makanan makanan. Berikut ini adalah beberapa kriteria utama makanan halal menurut Islam.

1. Halal Zat Yang Terkandung di Dalamnya

Hal pertama yang menjadi kriteria yang paling jelas adalah zat atau bahan pembuatan yang terkandung di dalamnya. Makanan haruslah terbuat dari hewan maupun tumbuhan yang halal hukumnya jika dikonsumsi. Secara umum bahan pangan yang dikategorikan sebagai makanan yang haram menurut ajaran Islam adalah daging babi, daging anjing, hewan bertaring, dan beberapa hewan lain yang dilarang untuk dikonsumsi. 

2. Diperoleh Dengan Cara yang Halal

Meskipun secara kriteria makanan tersbeut telah memenuhi kriteria makanan yang halal, namun jika cara memperolehnya menggunakan cara yang haram maka kriteria halal akan menadi percuma karena makanan tersebut telah menjadi makanan yang haram.

Misalnya saja, makanan yang didapat dengan cara mencuri, perbuatan zina, menipu, hasil riba, korupsi, dan lain sebagainya dianggap sebagai makanan yang haram karena uang yang digunakan untuk memperoleh makanan tersebut menggunakan cara yang tidak baik.

3. Diproses dengan Cara yang Halal

Selanjutnya adalah cara memproses atau menyajikan makanan juga dapat menyebabkan makanan menjadi haram. Agar makanan tetap halal pastikan bahwa saat memasak makanan tidak mencampur bahan dengan bahan yang haram dan juga tidak menggunakan peralatan masak yang digunakan untuk memasak makanan makanan yang haram.

4. Disajikan dan Disimpan dengan Cara yang Halal

Meskipun terdengar sepele namun cara menyimpan dan menyajikan makanan juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Misalnya tidak menyajikan makanan dengan piring emas.

Nah itulah beberapa kriteria makanan yang halal berdasarkan ajaran Islam dan semoga dapat bermanfaat.