Berapa Lama Merebus Daging Sapi Dan Kambing?

  • 07 June 2022
  • Admin

Berapa lama merebus daging sapi dan kambing? Umat islam yang sebentar lagi akan merayakan hari raya idul adha tentunya hari raya ini adalah yang paling ditunggu-tunggu, karena pada hari raya ini umat muslim yang memiliki harta yang lebih akan melakukan ibadah qurban yaitu memotong hewan kurban . di indonesia hewan qurban yang dipakai kurban adalah sapi maupun kambing.

Bagi yang jarang memakan daging maka di moment inilah akan mendapatkan daging dengan gratis dan tentunya akan berlimpah yang bisa dalam seminggu memakan lauk daging sapi dan juga kambing. Dalam mengolah daging adalah sebuah tantangan untuk ibu rumah tangga .  sebelum daging tersebut diolah kebiasaan ibu-ibu akan merebusnya terlebih dahulu dalam waktu yang lama supaya daging tersebut bisa empuk. Tetapi ternyata merebus daging terlalu lama itu cara yang keliru. 

Diketahui tidak memerlukan waktu yang lama untuk merebus daging terutama sapi  , cukup hanya butuh waktu 12 menit saja . mungkin saja kalian akan mengatakan mustahil tetapi  terdapat tips dan cara nya didapat dari seorang chef yang handal.  Mari kita jelaskan dibawah ini

Sudah Bukan rahasia umum lagi kalau merebus daging kambing atau spai dalam jumlah yang banyak tanpa memakai panci presto, memerlukan waktu yang cukup lama. Yang membuat pemakaian gas akan boros . tentunya ibu-ibu tidak ingin merugi hanya karena harus mengeluarkan biaya ekstra hanya untuk merebus daging.

Dengan menerapkan tips yang akan kita bahas disini yang dimana dibocorkan oleh seorang chef yang handal yang tidak akan membuat boros akan gas . 

Dalam metode ini disebut dengan metode 5-30-7.dan teknik ini disebut dengan Blanching. Yang artinya bahan makanan yang dimasukkan ke dalam air yang mendidik dengan durasi sebentar.

Total waktu saat merebus daging sapi atau kambing cukup dengan 12 menit saja. Berikut dijelaskan dibawah ini tahapan-tahapannya:

PERTAMA.: kalian siapkan panci yang muat untuk daging  dan isi air sampai lumayan agak penuh. Kalian Rebus hingga mendidih.

KEDUA: kalian masukkan daging sapi atau kambing ke dalam panci yang sudah berisi air yang mendidih

KETIGA: Kalian rebus daging tersebut  selama lima menit. Setelah lima menit kalian matikan kompor . Tutup panci dengan rapat.

KEEMPAT: kalian bicarakan daging yang masih di dalam panci selama 30 Menit.

KELIMA . Setelah 30 menit didiamkan . kalian kembali hidupkan kompornya lagi dan kalian rebus kembali daging tersebut selama tujuh menit. Saat akan mulai merebus Panci Harus dalam kondisi tetap tertutup dengan rapat.

 Penjelasannya disaat kalian mendiamkan daging yang sudah direbus selama 5 menit dan kalian diamkan selama 30 menit  daging yang dibiarkan di dalam panci dapat membuat nya menjadi empuk. Tetap Syaratnya, panci harus dalam kondisi tertutup rapat dan tidak dibuka. Uap yang berada di dalam panci yang membuat poses masak daging terus berlanjut.

Dalam menggunakan metode 5-30-7 dalam merebus daging , kalian memerlukan tutup panci yang tebal dan berat supaya daging empuk . dengan metode ini kalian terutama para ibu-ibu  tidak perlu lagi menunggu lama untuk merebus daging sapi dan kambing cukup memerlukan waktu hanya 12 menit saja, bisa membuat daging sapi dan kambing yang akan diolah menjadi empuk.

Jadi jika  pertanyaanya Berapa lama merebus daging sapi dan kambing?  Jawabannya tergantung metode dalam merebusnya jika menggunakan metode 5-30-7 maka waktu yang dibutuhkan hanya dengan 12 menit saja. Jika bukan dengan metode ini atau metode lain  bisa sampai 1 jam lebih.