Bulan rajab amalan dan keutamaannya

  • 25 February 2021
  • Admin

Bulan rajab  amalan dan keutamaannya. Alhamdulillah  hari ini kita  bersyukur kepada Allah subhanahu wa ta’ala  karena hari ini kita sudah  memasuki  bulan haram yaitu bulan Rajab.artikel ini akan membahas tentang  amalan dan keutamaan bulan Rajab.

Bulan Rajab Merupakan salah satu bulan Haram yang dimana bulan ini   segala perbuatan baik dan buruk  ganjarannya akan di lipat gandakan. Allah Taála Berfirman , yang Artinya
“Sesungguhnya Bilangan bulan pada sisi Allah Adalah dua belas bulan , dalam ketetapan Allah di waktu Dia Menciptakan  langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan ) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” ( QS. AT Taubah: 36)

Empat bulan apa saja yang suci  yang allah sertakan diatas? Dari Abu Bakroh , Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa Sallam telah bersabda , yang artinya:
“ Setahun berputar sebagaimana keadaanyanya sejak Allah menciptakan Langit dan bumi, satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram(suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu

Dzulqa'dah, dzulhijjah dan Muharram. ( satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadil (akhir) dan Sya’ban.” ( HR. Bukhari No 3197 dan Muslim no 1679)
Jadi perlunya kita ketahui empat bulan haram y yang Allah maksud adalah bulan dzulqo’dah, Dzulhijjah, Muharam dan Rajab.

Pada Bulan Rajab Ini  disebut juga bulan Haram , Al Qodhi Abu Ya’la rahimullah mengatakan , “Dinamakan bulan Haram karena ada dua alasan dan makna:
1.       Pada bulan Rajab ini di harapkan untuk segala sesuatu  pembunuhan . orang –orang jahiliyyah dahulu meyakini Nya juga
2.        Pada Bulan Rajab ini sangat di larang untuk melakukan perbuatan yang Haram  dan sangat  dianjurkan untuk melakukan amalan ketaatan .( Lihat Zaadul Maysir, Tafsir surat At taubah ayat 36)

Karena pada bulan  haram  ini adalah waktu yang begitu mulia dan juga baik untuk melakukan ketaatan , sehingga para salaf sangat suka untuk melakukan ibadah puasa . Sufyan Ats Tsauri mengatakan , “Pada bulan-Bulan Haram, ak sangat Senang berpuasa di dalamnya.” ( latho-if Al Maárif, 214)

Jadi untuk amalan dan keutamaan bulan Rajab sama dengan bulan haram lainnya , kalian bisa mengamalkan  ketaatan ibadah yang Allah perintahkan, seperti halnya berpuasa sunnah senin dankamis, sholat sholat sunnah  rawatib, qobliyah, sholat tahajud, dhuha.  Bersedekah, berinfak dan  ketaatan yang lainnya.


Untuk amalan khusus di bulan rajab belum ada dalil yang sahih yang menyebutkan kalau ada amalan  dan keutamaan khusus di bulan  Rajab.