Cara Jitu Hilangkan Galau dalam Islam, Berpahala

  • 10 December 2021
  • Admin

Cara Jitu Hilangkan Galau dalam Islam, Berpahala, Dalam kehidupan ini, kejadian baik buruk pasti akan datang sili berganti. Terkadang kita merasa bahagia, terkadang juga kita merasa sedih. Sebagai umat muslim, kita tidak dianjurkan untuk berlarut larut dalam kesedihan, sebab setan sangat menyukai umat muslim yang terlarut dalam kesedihan, seperti apa yang telah disampaikan dalam Ibnul Qayyim:

"Kesedihan akan melemahkan hati dan tekad yang kuat serta membahayakan keinginan. Dan tidaklah ada sesuatu yang paling dicintai oleh setan daripada kesedihan seorang mukmin."

Selain itu, ada pula beberapa ayat yang melarnag kita untuk terlarut dalam kesedihan seperti apa yang telah disampaikan melalui beberapa ayat berikut

Al Quran Surah Ali-Imran Ayat 139

وَلَا تَهِنُوْا وَ لَا تَحْزَنُوْا وَاَ نْتُمُ الْاَ عْلَوْنَ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَ

wa laa tahinuu wa laa tahzanuu wa angtumul-a'launa ing kungtum mu-miniin

Artinya: Dan janganlah kamu (merasa) lemah, dan jangan (pula) bersedih hati, sebab kamu paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang yang beriman.

Al Quran Surah Fussilat Ayat 30

اِنَّ الَّذِيْنَ قَا لُوْا رَبُّنَا اللّٰهُ ثُمَّ اسْتَقَا مُوْا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلٰٓئِكَةُ اَ لَّا تَخَا فُوْا وَلَا تَحْزَنُوْا وَاَ بْشِرُوْا بِا لْجَـنَّةِ الَّتِيْ كُنْتُمْ تُوْعَدُوْنَ

innallaziina qooluu robbunallohu summastaqoomuu tatanazzalu 'alaihimul-malaaa-ikatu allaa takhoofuu wa laa tahzanuu wa absyiruu bil-jannatillatii kungtum tuu'aduun

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang berkata, "Tuhan kami adalah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka maka malaikat-malaikat akan turun kepada mereka (dengan berkata), "Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu bersedih hati; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan kepadamu.

Cara Jitu Hilangkan Galau dalam Islam
Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan galau dalam Islam. Seperti apa caranya.? Berikut beberapa penjelasannya.

1. Tadabbur alam
Berwisata adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan rasa galau. Tadabbur alam hampir sama halnya dengan berwisata, yang hanya saja Tadabbur alam tidak hanya sekedar bersenang senang saja namun, sekaligus mengagumi keindahan ciptaan Allah SWT. Dengan begitu kita akan sedikit melupakan galau yang kita rasakan. Melihat pemandangan hijau terbukti bisa menenangkan dan menyegarkan pandangan, selain itu warna hijau disukai oleh Rasulullah SAW.

Annas bin Malik mengatakan, "Warna yang paling disukai oleh Rasulullah SAW adalah hijau"

2. Membaca atau mendengarkan ayat suci Al-Qur.'an
Sebagai umat muslim yang taat, membaca dan mendengarkan lantunan ayat suci Al Quran bisa menjadi obat penenang jiwa. Hal ini tak bisa diragukan lagi, sebagaimana telah dibahas oleh Ibnul Qayyim dalam kitabnya, Zad al-Ma'ad, menjelaskan:

"Al-Qur.'an ialah penyembuh yang sempurna dari seluruh penyakit hati dan jasmani, demikian pula penyakit dunia dan akhirat."

3. Berzikir
Dengan berzikir kita juga dapat mengobati rasa galau yang membuat hati merasa tidak nyaman. Melalui berzikir, kita dapat menjadi lebih dekat dengan Allah SWT. Mengingat Allah akan membawa ketentraman hati. Sebagaimana Allah berfirman dalam Al-Qur.'an surat Ar-Ra'du ayat 28:

Allah berfirman: (yaitu) orang-orang yang beriman lagi hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati akan menjadi tenteram.” (QS Ar-Ra'du : 28).

4. Mendengar tausiyah
Mendengar tausiyah secara tidak langsung pasti mengobati galau di hati. Apalagi jika tema tausiyah yang dibawakan sesuai dengan pengalaman pribadi. Dengan begitu kita akan mudah menghilangkan rasa sedih yang berlarut, dan kembali bersemangat seperti sedia kala.

Itulah beberapa cara menghilangkan rasa galau menurut Islam yang sekaligus dapat menjadi sumber dari pahala. Semoga Penjelasan di atas dapat bermanfaat.