Cara Mendidik Anak Perempuan Menurut Islam

  • 29 July 2021
  • Admin

Cara Mendidik Anak Perempuan Menurut Islam

Menurut sebuah hadits shahih, anak perempuan kelak bisa menjadi penolong bagi orangtuanya.

"Barang siapa diuji dengan sesuatu dari anak-anak perempuannya, lalu dia berbuat baik kepada mereka, kelak mereka akan menjadi penghalang dari api neraka." (HR. al-Bukhari dan Muslim)
Anak perempuan juga memiliki keutamaan yang berbeda dari anak laki-laki. Karena dari rahim seorang perempuan akan lahir generasi penerus bangsa yang cerdas.
Mengajarkan dan mendidik anak sudah menjadi sebuah kewajiban bagi para orang tua. Dalam ajaran islam anak adalah titipan dari Allah SWT yang harus dirawat, dijaga dan dididik dengan baik.
Mengajarkan anak terkait hal hal yang berkaitan dn egan agama merupakan sbeuah hal yang sangat penting karena kelak apa yang diajarkan oleh para orang tua kepada anknya akan menjadi penolong di akhirat.
Berikut ini cara Rasulullah mendidik anak perempuan yang bisa kita tiru.

1. Mengerjakan Ilmu Tauhid
Mengajarkan anak tentang ilmu tauhid merupakan hal yang dapat dilakukan untuk anak perempuan maupun laki laki, pasalnya dengan mengajarkan ilmu tauhid dapat membuat anak mengenal lebih dalam terkait agama dan sang pencipta Allah SWT.
Mengajarkannya mengucapkan kalimat syahadat yaitu, Laihala illaallah Muhammad Darrasullullah (Tiada Tuhan selain Allah, Muhammad adalah rasul utusan Allah SWT). 
Dijelaskan dari Ibn Abbas, Rasulullah SAW bersabda: "Bukalah lidah anak-anak kalian pertama kali dengan kalimat “Lailaha-illaallah”. Dan saat mereka hendak meninggal dunia maka bacakanlah, “Lailaha-illallah. Sesungguhnya barangsiapa awal dan akhir pembicaraannya “Lailah-illallah”, kemudian ia hidup selama seribu tahun, maka dosa apa pun, tidak akan ditanyakan kepadanya.” (sya’bul Iman)

2. Mengajarkan Doa-doa Harian dan Kewajiban sebagai Seorang Muslim
Setelah itu penting halnya mengajarkan anak terkait doa doa yang dapat diamalkan sehari hari dan jangan lupa juga untuk membiasakan anak mengucap 'Bismillah' sebelum melakukan sesuatu dan 'Alhamdulillah' setelah selesai melakukan sesuatu.
Setelah usia anak sudah menginjak 3 sampai 5 tahun amak para orang tua bisa mengenalkan mereka dengan Al-quran seperti huruf hijaiyah. Lalu, semakin dewasa, ajarkan untuk menunaikan kewajiban sebagai seorang muslim, yaitu shalat dan puasa.

3. Mengajarkan Akhlak Mulia dan Sopan Santun terhadap Orang Tua
Rasulullah pun amat menyukai seseorang yang memiliki akhlak terputi, dan beliau juga kerap kali mengajarkannya pada anak-anaknya tentang cara berperilaku yang baik pada sesama manusia.
Rasulullah shallallahu 'alayhi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak."
Selain itu, Rasulullah SAW juga mengajarkan pada anak-anaknya tentang tata cara berperilaku yang baik pada kedua orang tua. Sebab itulah yang Allah SWT perintahkan.
“Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada orang tuanya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah lemah dan menyapihnya dalam dua tahun, bersyukurlah kalian kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada-Ku lah kalian kembali” (Q.S Luqman : 14)
Itulah beberapa cara mendidik anak perempuan menurut islam dan semoga bermanfaat