Cara Mengatasi Cyber Bullying

  • 02 March 2022
  • Admin

Zaman yang serba digital ini sangatlah mudah dan serba teknologi, seperti halnya membeli makanan siap saji, perabotan rumah, pakaian dan lain sebagainya  sangat lah mudah hanya dengan pegang handphone kita sudah bisa berkomunikasi dan juga belanja dari luar pulau. Kita tinggal di bali belanja di toko jakarta, itu sangat lah mudah. Begitu juga mulai banyak toko –toko online yang  telah muncul dan memberikan segala promo untuk belanja seperti shopee, tokopedia,lazada, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bukan hanya toko online saja, tetapi di zaman yang canggih serba internet saat ini sosialisasi di masyarakat sangat jarang,kebanyakan semua lewat sosial media, seperti whatsapp, facebook, instagram dan masih banyak juga sosial media yang beredar di internet.  Tetapi semua itu tidak ada yang tidak terjadi masalah.. dengan adanya sosial media sekrang ini ada yang namanya Cyberbullying.

Apa itu Cyber bullying?

Cyberbullying merupakan penhinaan atau caci maki dengan menggunakan teknologi digital . yang dimana cyber bullying biasanya dilakukan di sosial media  orang yang mau dicemooh dan dihina  . cyberbullying juga bisa disebut dengan perilaku yang berulang  yang tujuannya untuk menakuti , membuat marah, atau membuat malu mereka yang menjadi sasarannya. Berikut contohnya:

-          Membuka kebohongan orang tersebut dengan menyebarkan foto privasi seseorang dengan memposting di sosial media

-          Mengirimkan pesan ancaman atau mencaci maki melalui platform chatting, menuliskan komentar yang menyakitkan  di sosial media orang tersebut

-          Menghasut anak-anak atau remaja kaitannya dengan tujuan untuk mempermalukan seseorang

Dari beberapa contoh diatas masih banyak lainnya.  Adapun cara untuk mengatasi Cyberbullying adalah sebagai berikut:

1.   Jangan merespon  komentar yang sifatnya Negatif

Jika terjadi di sosial media kita terdapat komentar yang negatif tentang diri kita maka kita jangan merespon komentar tersebut. Jika kita , membalas dengan merespon atau menuliskan komentar yang negatif juga pada komentar mereka atau mencoba untuk membela diri dan mempermalukan mereka , bisa jadi masalah kita akan lebih panjang lagi.

2.   Janganlah menanggapi komentar negatif dengan serius

Disaat di sosial media kita terdapat komentar negatif dan juga kebencian, lebih baik kita jangan memasukkan di hati. Karena mereka sengaja seperti itu untuk memancing kemarahan kita dan juga komentar tersebut bukan dari diri kita tetapi komentar tersebut adalah masalah buat orang yang menulis komentar tersebut.

3.   Blokir dan laporkan komentar tersebut

Selalu melakukan blokir dan juga melaporkan komentar negatif  tersebut ke admin sosial media yang kamu pakai. Dan jangan kalian membaca terus menerus komentar tersebut , karena bisa jadi kamu akan menjadi terbawa menjadi sedih dan juga semakin marah.

4.   Istirahat dari media sosial atau teknologi

Jika cyberbullying yang kita alami membuat kita semakin parah , maka yang perlu kita lakukan adalah menjauhkan diri dan istirahatlah dari media sosial. Caranya dengan mematikan handphone dan juga komputer selama satu hari saja. Setelah itu kita lakukan aktivitas atau hobi yang paling kita sukai.

5.   Jangan memendam masalah sendiri

Jika cyberbullying  yang biasa biasa saja tidak berdampak begitu signifikan  tetapi jika cyberbullying yang kita alami sudah sangat ekstrim seperti menyebarkan video privasi kita dan juga foto-foto privasi kita. Maka kita bisa terkena dampak psikologis. Bisa jadi kita melakukan sesuatu yang melewati batas. Contohnya  di negara korea ada artis yang terkena cyber bullying yang dimana karena tidak kuat artis tersebut mengakhiri hidupnya dengan Bunuh diri.

Dengan penjelasan cara mengatasi cyber bullying ini. Jika suatu saat kita terkena cyber bullying  setidaknya kita sudah mengetahui apa saja langkah –langkahnya ata cara mengatasinya. Agar kita terjaga dari perbuatan yang melampaui batas.