Cara Mengolah Daging Kurban  Agar Tidak Alot dan Bau

  • 15 June 2022
  • Admin

Cara Mengolah Daging Kurban  Agar Tidak Alot dan Bau.  Memiliki daging kurban di rumah tentunya tidak bisa mengolahnya sekalian, karena begitu banyaknya mendapatkan bagian daging kurban.  Kalian bisa membuatnya  menjadi hidangan yang menarik di setiap harinya .supaya kalian tidak sulit dalam mengolah daging tersebut. Kalian dapat mengikuti cara mengolah daging agar tidak alot dan bau.

Adapun saran dari seorang koki yang tidak mau disebutkan namanya  ia menyarankan untuk merebus daging sapi atau kambing  dengan sedikit lebih lama   supaya daging benar-benar empuk . tetapi,  waktunya tergantung  pada bagian daging yang direbus.

Untuk bagian seperti paha, sirloin , tenderloin, atau daging yang mempunyai tekstur empuk tidak diperlukan waktu yang lama dalam merebusnya. Tetapi sebaliknya daging yang mempunyai otot atau tulang , memang dibutuhkan waktu yang lama untuk merebus sampai empuk.  Untuk waktu yang dibutuhkan  kurang lebih setengah jam sampai dengan satu jam .

Cara mengolahnya , pertama kalian didihkan air . sesudah air mendidih , kalian bisa memasukkan daging dan membiarkan daging sampai berubah warna. Kalau air kaldu yang dihasilkan terlihat keruh, maka dianjurkan untuk membuang kaldu tersebut terlebih dahulu.

Sesudah itu kalain didihkan air yang baru lagi, dan kalian masukkan daging untuk yang kedua kalinya “Kaldu yang nantinya akan dihasilkan maka akan lebih baik dan memiliki aroma yang segar, “  

Suatu hal yang perlu kalian ingat , kalau daging yang diterima tidak bisa dipisahkan dengan daging jeroan seperti babat, Iso, atau usus,  maka kalian harus memisahkannya dan mencucinya hingga bersih. Karena , aroma daging jeroan sangatlah tajam dan bisa mempengaruhi aroma daging lainnya.

Pada umumnya daging sapi dan kambing berbau,  maka dari itu perlunya untuk mengakali supaya disaat mengolah atau memasak nya bau nya bisa hilang.  Untuk menghilangkan baunya disarankan untuk memberikan beberapa rempah-rempah  pada daging.

Contohnya ketika daging sapi dan kambing akan mulai dimasak  menjadi masakan gulai atau rendang, bumbu dapur yang memiliki aroma . termasuk juga kayu manis, cengkeh, kapulaga jinten, daun salam , daun jeruk , daun sereh. Bumbu tersebut akan bisa membuat hilangnya bau prengus pada daging dan ikan juga menghasilkan bau yang sedap.

Adapun cara lain untuk menghilangkan bau prengus dari daging sapi atau kambing, yaitu dengan melumuri daging dengan air perasan jeruk nipis setelah itu di diamkan selama 30 menit.  Dengan ini bisa membantu menghilangkan bau amis  pada daging kambing atau sapi. Dan juga dapat membunuh bakteri dan kuman yang bersarang pada lapisan daging.

daging sapi dan kambing  merupakan daging yang terkenal bukan hanya bau amis saja tetapi juga daging nya yang a lot. Dan yang paling alot adalah daging kambing. Supaya daging kambing menjadi lebih juicy kalian dapat memakai daun pepaya . cara nya dengan membungkus daging kambing dengan daun pepaya. Terus kalian diamkan kurang lebih 20 menit. Habis itu daging bisa mulai diproses untuk diolah atau dimasak

daun pepaya mengandung enzim papain yang bisa membuat tekstur daging menjadi lebih empuk.  Tetapi perlu diketahui dan diingat , kalian jangan terlalu lama membungkus daging kambing dengan daun pepaya, sebab jika terlalu lama  daging kambing  

saat memasak daging kalian perlu untuk mengatur api  yang dipakai. Kalian bisa menggunakan api kecil saja. Dengan tujuan supaya tingkat kematangan daging bisa menyebar sempurna.