Cara Mensucikan Pakaian Langsung Dalam Mesin Cuci

  • 10 December 2021
  • Admin

Cara Mensucikan Pakaian Langsung Dalam Mesin Cuci, Berbagai macam jenis peralatan elektronik canggih dengan teknologi modern terus bermunculan di tengah kehidupan masyarakat.  Sejumlah peralatan elektronik yang digunakan bertujuan untuk memudahkan aktivitas dan pekerjaan masyarakat.

Mesin cuci pakaian adalah salah satu contoh dari peralatan elektronik rumah tangga yang dihadirkan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi di masa kini. Kehadiran mesin cuci dapat memudahkan pekerjaan ibu rumah tangga khususnya, mencuci pakaian sampai bersih tanpa harus melakukan proses menyikat dan membilas.

Dalam Islam membersihkan pakaian tidak hanya sekedar membersihkan kotoran yang menempel saja melainkan juga membersihkan najis dan hadas dengan cara disucikan.

Adapun cara mensucikan pakaian langsung dalam mesin cuci. Seperti apa caranya.? Simak sebagai berikut.

Cara mencuci pakaian dengan mesin cuci sesuai syariat Islam
Cara mencuci pakaian dalam mesin cucui sesuai dengan syariat telah disampaikan oleh Abi Mudi dalam sebuah video kajiannya yang diunggah di YouTube. Dalam video tersebut, Abi Mudi memberikan beberapa tips atau cara mencuci dengan menggunakan mesin cci yang mudah, namun tetap menjaga pakaian tetap suci.

Tidak Menggabung Pakaian
Dalam video tersebut Abi Mudi mengatakan bahwa ketika mencuci pakaian sebaiknya tidak digabung atau dicuci secara bersamaan dengan pakaian yang telah terkena najis dengan pakaian yang tidak terkena najis.

Agar proses cuci menjadi lebih mudah, pakaian yang kotor karena keringat sebaiknya dipisahkan terlebih dahulu sebelum hendak dicuci. Namun kebanyakan dari kita biasanya merasa malas untuk memisahkan pakaian.

Memang sih mencampur pakaian juga bisa disucikan secara bersamaan, namun akan membutuhkan proses tambahan yang mungkin akan membutuh waktu yang lebih lama, sebab mensucikan pakaian dapat dilakukan setelah proses mencuci telah selesai.

Cara Mensucikan Pakaian Menurut Abi Mudi
Dalam video yang dibagikan, Abi Mudi menerangkan terkait cara mensucikan pakaian langsung dalam mesin cuci. Seperti apa caranya.? Berikut penjelasannya.

Buka juga bagian saluran pembuangan. 

Lalu biarkan mesin cuci bekerja dengan kondisi keran air dan saluran pembuangannya terbuka.

"Buka keran dari atas, buka pembuangan di bawahnya agar air bisa mengalir," jelasnya.

"Biarkan berputar, dalam keadaaan air hidup di atas, sementara di bagian bawahnya terbuka.

Jika sudah diyakini tak ada lagi najisnya, sudah habis dialirkan, baru tutup saluran bawahnya," tambah Abi Mudi.

Baru kemudian, sambungannya, isi kembali air ke dalam tabung mesin cuci hingga penuh.

Kemudian tutup keran dan biarkan mesin cuci kembali berputar.

Apakah terjamin pakaiannya jadi suci?
Dalam video tersebut, Abi Mudi juga menjelaskan terkait suci atau tidaknya pakaian jika disucikan langsung dalam mesin cuci. Dikatakan Abi Mudi, hal itu tergantung bagaimana cara kita mensucikannya. Jika airnya mengalir dari atas kemudian bagian bawah atau saluran tabung mesin cuci terbuka, seperti tips yang diberikan Abi Mudi, maka pakaian itu akan suci dari najis. "Karena ada ijraul ma', artinya ada kita alirkan air," kata Abi Mudi.

Berbeda dengan saluran tabung mesin cuci yang tertutup ketika mencuci pakaian yang dimana semua akan bercampur aduk, terutama pakaian yang bernajis. "Sebab syarat untuk mensucikan adalah harus ada mengalirnya air. Itu yang jadi masalah," terang Abi Mudi.

Air yang digunakan untuk mencuci pakaian yang najis apabila ditampung dan tidak dialirkan maka air tersebut menjadi tidak suci, hal tersebut dikarenakan air tersebut telah terkena najis dan masih berada di dalam bejana dan tidak mengalir ke tempat lainnya.