Cara Move On Menurut Ajaran Islam dan Doa-doanya

  • 08 December 2021
  • Admin

 

Cara Move On Menurut Ajaran Islam dan Doa-doanya, Meskipun terdengar mudah, Mova ON sebenarnya bukanlah suatu hal yang demikian. Dalam proses move on, kita akan membutuhkan waktu untuk menata kembali perasaan hati, belum lagi jika hati pernah menolak untuk mengikhlaskannya, tentu hal tersebut menjadi teramat sulit.

Dalam sebuah pergaulan, move on diartikan sebagai situasi dimana kita berusaha untuk meninggalkan kehidupan yang lama dengan menuju ke tempat yang baru. jika dikondisikan pada zaman sekarang,  move on kerap kali diartikan sebagai istilah untuk melupakan mantan, yang padahal arti sebenarnya beralih ke masa depan yang lebih baik.

Cara Move On Menurut Ajaran Islam
Dalam Islam ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk move in dari sebuah permasalahan yang ingin ditinggalkan. Cara ini akan membuat anda lebih dekat dengan Allah SWT, maha pemberi solusi dari segala permasalahan hidup yang ada. Berikut cara move on menurut ajaran Islam yang bisa kamu lakukan.

1. Berserah diri kepada Allah
Serahkan semua permasalahan kepada Allah SWT. Dalam Islam, kita diajarkan bahwa segala sesuatu yang terjadi merupakan kehendak dari Allah SWT. Yakin dan percayalah bahwa Allah tidak akan pernah menguji hambanya yang diluar kemampuan mereka.

2. Berdamai dengan diri
Agar tidak berlarut larut dalam kesedihan, fokuslah pada solusi dan bukan pada masalahnya. Lupakan secara perlahan masalah yang sedang anda rasakan. Hadapi rasa takut dengan berani dan jangan malah menghindarinya. Beri waktu terhadap diri sendiri untuk menerima dan memproses permasalahan tersebut.

3. Memperbanyak ibadah
Allah memerintahkan umatnya untuk selalu beribadah. Salah satu cara untuk dekat dengan Allah SWT adalah dengan beribadah. Melakukan ibadah juga dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk menenangkan diri sehingga akan lebih mudah untuk melupakan dan menghadapi semua permasalahan yang ada.

4. Tafakur
Bertafakur merupakan salah satu amalan yang dilakukan Rasulullah SAW untuk dekat dan mengenal Allah SWT. Tafakur juga bisa diartikan memikirkan atau merenung untuk menganalisa permasalahan yang anda hadapi untuk mencari dan mendapatkan solusi. Dengan bertafakur, anda dapat mendekatkan diri dan berharap sepenuhnya pada Allah untuk mendapat kunci jawaban persoalan pelik yang tengah dihadapi. 

5. Menyibukkan diri
Cara lain untuk mudah move on adalah dengan menyibukan diri. Orang yang menyibukan diri dengan suatu hal yang bermanfaat tentu akan membuat mereka melupakan suatu hal yang tidak bermanfaat dan termasuk mengenang suatu hal yang membuat perasaan menjadi resah dan gelisah akan suatu hal yang pernah terjadi.

"Siapa pun yang tidak menyibukkan diri dengan hal yang bermanfaat, pasti ia akan menyibukkan diri dengan hal yang sia-sia." (Ibnu Qayyim Al Jauziyah)

Doa penghilang kerisauan hati
Berikut doa yang bisa kamu amalkan kala hati tengah risau:

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

“Rabbanaa afrigh ‘alainaa shabran wa tsabbit aqdaamanaa wanshurnaa ‘alal qoumil kaafiriin,”

Artinya: “Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran atas diri kami, serta teguhkanlah pendirian kami serta tolonglah kami terhadap orang kafir.” (QS Al-Baqarah: 250).

Doa memohon ketenangan hati
اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

“Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika,”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.” (HR Thabrani).