Cara Mudah Mengajarkan Membaca Al Quran kepada Anak

  • 23 February 2021
  • Admin

Cara Mudah Mengajarkan Membaca Al Quran kepada Anak .belajar  membaca al quran merupakan kewajiban seorang muslim. Dan tidak ada batas umur dalam belajar membaca alquran.
Belajar Al-Quran

Dalam belajar membaca alquran tidaklah sulit dan hanya membutuhkan Niat dan juga tekad. Merupakan modal awal yang paling mendasar  dan juga sangat dibutuhkan  untuk pertama kali memulai dalam belajar Al quran.

Kalau sudah ada niat dan tekad maka kita tinggal terus konsisten dalam belajar. Allah subhanahu wa taala berfirman yang artinya. “Dan Sesungguhnya  telah kami mudahkan al-quran untuk pelajaran,maka adakah orang yang mengambil pelajaran ? “ (QS Al-Qomar : 17,22,dan 32,) dan juga dari Útsman  r.a, Rasulullah Muhammad Shalallahu alaihi wasallam bersabda, “Sebaik baiknya Kalian adalah yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya. “ ( HR. Bukhari no.5027).

Alquran merupakan petunjuk hidup  setiap manusia dalam menjalani  kehidupan di dunia ini. Setiap kita membaca alquran bisa membuat kita menjadi lebih bertaqwa dan membuat kita semakin meningkatkan ibadah  kepada allah subhanahu wa ta'ala.

Belajar Al – Quran Untuk Anak
Anak merupakan rezeki dan juga hadiah paling berharga yang di berikan Allah subhanahu wa taala kepada kita. Oleh karena itu kita yang di amanah kan seorang anak, harus mendidik anak kita sesuai tuntunan syariat agama islam. Salah satunya kita di wajib mengajarkan membaca alquran.

Untuk mengajarkan anak kita belajar membaca alquran. Bisa kita perdengarkan bacaan bacaan alquran sejak di dalam kandungan sampai anak kta berumur 3 tahun. Nah setelah berumur 3 tahun keatas kita bisa mengajarkan dengan mengenal dan mengeja  huruf Hijaiyyah yang bisa membuat anak kita lebih mudah dalam menghafal dan juga melafalkannya.

Selalu membuatkan jadwal yang konsisten dalam belajar membaca alquran. Kalau kita sebagai orang tua juga harus sama sama belajar  membaca alquran. Agar anak kita merasa yakin  kalau belajar membaca alquran merupakan  kewajiban sebagai seorang muslim yang beriman  dan juga bertaqwa.

Sekian artikel singkat tentang Cara Mudah Mengajarkan Membaca Alquran Kepada Anak. Semoga apa yang dibahas bisa bermanfaat bagi para pembaca.